Masih Sering Salah Pilih? Ini 7 Tips Memilih Buah Semangka!

Masih Sering Salah Pilih? Ini 7 Tips Memilih Buah Semangka!

Masih Sering Salah Pilih? Ini 7 Tips Memilih Buah Semangka!--Google foto

 

Memilih semangka yang matang dan manis bisa menjadi tantangan, ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan sebelum kalian membeli buah semangka. Jika kamu mengikuti langkah-langkah berikut ini, kamu bisa lebih mudah menemukan semangka yang sempurna:

1. Periksa Bintik Kuning (Field Spot):

Cari bintik kuning atau krem di satu sisi semangka. Ini adalah tempat semangka beristirahat di tanah saat matang. Bintik kuning ini menunjukkan semangka telah matang di pohon, sementara bintik putih atau tidak ada bintik bisa berarti semangka belum matang sepenuhnya.

2. Ketuk dan Dengar:

Ketuk permukaan semangka dengan jari. Semangka yang matang akan menghasilkan suara yang dalam dan berongga. Jika suaranya tumpul atau padat, itu bisa berarti semangka kurang matang atau terlalu matang.

3. Periksa Beratnya:

Pilih semangka yang beratnya lebih dibanding ukurannya. Semangka yang lebih berat biasanya memiliki lebih banyak air, yang berarti lebih manis dan segar. Jika semangka yang kalian pilih memiliki ukuran yang besar namun ketika di timbang tidak terlalu berat, maka biasanya kandungan air dalam semangka tersebut akan sedikit.

 

Baca juga: Buah-Buahan Ini Memiliki Kandungan Air Yang Sangat Melimpah Lho!

 

4. Amati Kulitnya:

Pilih semangka dengan kulit yang keras dan tidak mudah ditekan. Hindari semangka dengan luka, goresan, atau bintik lunak, karena ini bisa menjadi tanda semangka sudah mulai membusuk. Perhatikan juga warna dari garis-garis yang ada di buah semangka yang akan kamu beli, pastikan semangka tersebut berwarna lebih menyala.

5. Bentuk Semangka:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: