Beberapa Ciri Ini Bisa Membantu Mencari Semangka Yang Bagus Lho!

Beberapa Ciri Ini Bisa Membantu Mencari Semangka Yang Bagus Lho!

Beberapa Ciri Ini Bisa Membantu Mencari Semangka Yang Bagus Lho!--Google Foto

 

Bagi para ibu rumah tangga atau para pecinta buah-buahan, memilah dan memilih buah semangka sebelum membeli memang bisa terbilang susah-susah gampang. Jika kamu tidak mengetahui tips and trik memilih buah semangka yang bagus tentu kamu akan sering tertipu dengan penampilan dari buah bundar yang satu ini. Untuk memilih semangka yang bagus, perhatikan ciri-ciri berikut:

1. Bintik Kuning (Field Spot):

Lagi-lagi ini menjadi ciri yang paling penting yang harus kamu perhatikan. Semangka yang bagus memiliki bintik kuning atau krem di satu sisi. Bintik ini menunjukkan bahwa semangka telah matang di tanah. Semangka dengan bintik putih atau tidak ada bintik biasanya belum matang sempurna.

2. Suara Saat Diketuk:

Ketuk permukaan semangka dengan menggunakan jari. Semangka yang matang akan menghasilkan suara yang dalam dan berongga. Jika suaranya tumpul atau padat, kemungkinan semangka kurang matang atau terlalu matang. Maka sebelum memutuskan untuk membeli, lakukanlah hal ini supaya kamu tidak tertipu.

3. Beratnya:

Semangka yang bagus akan terasa lebih berat dibandingkan dengan ukurannya ketika ditimbang. Berat yang lebih menunjukkan kandungan air yang tinggi, yang berarti semangka lebih segar dan manis. Jika semangka yang kamu timbang tidak seberat besarnya, maka kemungkinan semangka tersebut sangat berongga dan memiliki kandungan air yang lebih sedikit.

 

Baca juga: Masih Sering Salah Pilih? Ini 7 Tips Memilih Buah Semangka!

 

4. Kulit yang Keras dan Halus:

 Pilih semangka dengan kulit yang keras dan mulus. Kulit yang keras menunjukkan semangka matang, sementara kulit yang lunak atau memiliki goresan bisa menandakan semangka sudah mulai rusak.

5. Simetris dan Tidak Bengkok:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: