5+ Cara Atasi Ketombe dengan Bahan Alami yang Patut Kamu Coba!

5+ Cara Atasi Ketombe dengan Bahan Alami yang Patut Kamu Coba!

Cara Atasi Ketombe dengan Bahan Alami-(Pixabay/UniqueMarfa)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Menghilangkan ketombe di kulit kepala bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui perawatan di rumah maupun dengan menggunakan produk khusus.

 

Hampir 50% populasi dunia mengalami masalah ketombe setidaknya sekali dalam hidup mereka. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari kulit kering, dermatitis seboroik, reaksi terhadap produk rambut, hingga pertumbuhan jamur Malassezia.

 

Memilih sampo dengan bahan aktif seperti selenium sulfida, zinc pyrithione, atau ketoconazole adalah salah satu cara efektif untuk mengatasi ketombe. Selain itu, mencuci rambut secara teratur juga bisa membantu menghilangkan minyak berlebih dan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan ketombe.

 

Meskipun banyak produk komersial yang dirancang untuk mengatasi ketombe, mencoba pengobatan rumahan juga bisa efektif. Cara alami sering kali lebih praktis dan sama efektifnya.

 

Berikut adalah beberapa cara atasi ketombe dengan bahan alami.

BACA JUGA:Bisa Mengurangi Uban, Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Beruban

 

Cara Menghilangkan Ketombe di Kulit Kepala Secara Alami

 

Minyak Teatree

 

Secara tradisional, minyak pohon teh digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit seperti jerawat dan psoriasis. Minyak ini memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membantu mengurangi gejala ketombe.

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak pohon teh efektif melawan Malassezia, jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Namun, lebih banyak penelitian berkualitas tinggi diperlukan untuk menguatkan klaim ini.

 

Minyak pohon teh juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif, sehingga sebaiknya diencerkan dengan minyak pembawa seperti minyak jojoba atau minyak kelapa sebelum digunakan.

Lidah Buaya

 

Lidah buaya adalah tanaman sukulen yang sering ditambahkan ke dalam salep kulit, kosmetik, dan losion. Saat kamu mengoleskannya ke kulit, lidah buaya bisa membantu mengobati kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis, dan luka dingin.

 

Sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya dapat membantu melindungi kulit kepalamu dari ketombe. Penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa lidah buaya mungkin efektif melawan beberapa spesies jamur dan bisa membantu mengendalikan infeksi jamur tertentu.

 

Selain itu, lidah buaya dapat mengurangi peradangan, sehingga bisa meredakan gejala ketombe. Namun, penelitian tambahan masih diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat ini.

 

Minyak Kelapa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: