Gingseng dan Jahe, Konsumsi 5 Minuman Herbal ini Mabuk mu Akan Hilang Dengan Cepat !

Gingseng dan Jahe, Konsumsi 5 Minuman Herbal ini Mabuk mu Akan Hilang Dengan Cepat !

Menghilangkan mabuk Alkohol --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Mabuk jadi kondisi yang sulit diabaikan oleh sebagian orang. Mabuk bisa membuatmu lupa kesadaran bahkan hilang ingatan untuk sementara. Untuk itu, kamu harus menghilangkan efek mabuk setelah mengkonsumsi alkohol sesegara mungkin, untuk mencegah hal buruk terjadi padamu.

 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan mabuk dengan benar dan efektif? Salah satu efek yang sering ditimbulkan setelah mengkonsumsi minuman beralkohol adalah pusing dan mual. Jika pengaruh mabuk sangat sulit dihilangkan dan menggangu aktifitas, cobalah beberapa cara ini untuk meredakannya.

 

BACA JUGA:Ternyata Ini 10 Jenis Pungli di Sekolah dan Cara Melaporkannya, Siswa Jangan Takut

 

Setelah pesta atau minum alkohol berlebihan, keesokan harinya kamu mungkin mengalami hangover, yang dapat membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi mabuk alkohol secara aman dan ampuh.

 

Kondisi Umum yang terjadi Saat Mabuk Alkohol

 

Hangover biasanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan. Gejala hangover umumnya meliputi diare, kelelahan, sakit kepala, mual, dan gemetar.

 

Selain itu, beberapa orang mungkin merasa sensitif terhadap cahaya, mengalami vertigo, detak jantung cepat, atau keringat berlebih. Tekanan darah juga bisa meningkat lebih tinggi dari biasanya.

 

Cara Menghilangkan Mabuk Dengan Obat Herbal?

 

Berikut beragam cara menghilangkan mabuk alkohol yang bisa kamu lakukan.

 

1.      Minum Obat Pereda Nyeri

 

Jika minum air dan makan karbohidrat tidak bisa membantu menghilangkan mabuk. Kamu bisa minum obat Pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen (Motrin, dan merek lain), serta obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

 

Menurut Harvard Health Publishing, obat pereda nyeri dapat membantu meredakan sakit kepala dan ketidaknyamanan secara umum. Namun, NSAID dapat mengiritasi perut yang sudah teriritasi oleh alkohol. Sebaiknya hindari penggunaan asetaminofen (Tylenol) karena alkohol yang tersisa di tubuh dapat meningkatkan risiko efek toksik pada hati. Jadi berhati hatilah

 

2.      Mengonsumsi Vitamin B dan Zinc

 

Penelitian dalam The Journal of Clinical Medicine menunjukkan bahwa diet yang kaya vitamin B dan zinc, baik sebelum maupun setelah mabuk, dapat membantu meringankan gejala hangover.

 

Makanan yang mengandung zinc dan vitamin B dapat membantu mengurangi keparahan mabuk. Jadi, konsumsi vitamin B dan zinc bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi mabuk alkohol.

 

3. Mengonsumsi Suplemen Gingseng Merah

 

Berbagai suplemen dan herbal dapat membantu meredakan mabuk alkohol. Salah satu jenis suplemen yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan efek mabuk adalah suplemen yang mengandung gingseng merah. Jenis gingseng ini dapat mengurangi kadar alkohol dalam darah dan mengurangi tingkat keparahan mabuk alcohol.

 

4. Racikan Jamu Jahe dan Gula Merah.

 

Menurut penelitian di Journal of Natural Medicine, campuran jahe, gula merah, dan ekstrak jeruk keprok dapat mengobati gejala mabuk secara efektif. Bukan cuma itu, suplemen yang mengandung jahe juga dapat melindungi hati dari kerusakan akibat alkohol lohh….

 

Tapi sayangnya, penelitian ini masih terbatas, jadi jangan berharap hasil instan dari car aini ya. Setidaknya car aini bisa mengurangi mabukmu.

 

5. Konsumsi Ginseng

 

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman herbal yang satu ini. Berasal dari negeri Korea, Ginseng menawarkan berbagai manfaat, termasuk sebagai solusi untuk mengatasi mabuk alkohol. Tanaman herbal ini dikenal karena khasiatnya dalam mengobati berbagai kondisi medis, dan juga bisa membantu meredakan gejala hangover.

 

BACA JUGA:Rekomendasi 8 Permainan Seru di Pantai yang Wajib Kamu Coba, Jadikan Liburanmu Menyenangkan

 

Penelitian menunjukkan bahwa ginseng merah, salah satu jenis ginseng yang terkenal, dapat mengurangi gejala hangover seperti pusing, sakit kepala, dan nyeri perut. Ginseng berfungsi dengan mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah, dua faktor penting yang memengaruhi gejala mabuk alkohol.

Manfaat ginseng dalam mengatasi mabuk alkohol meliputi:

  • Mengurangi pusing dan sakit kepala: Ginseng meningkatkan aliran darah ke otak, membantu meredakan pusing dan sakit kepala yang sering muncul saat hangover.
  • Meredakan sakit perut: Sifat anti-inflamasi ginseng dapat membantu mengurangi sakit perut dan mual yang sering terjadi akibat hangover.
  • Menjaga kadar gula darah: Ginseng membantu mengontrol kadar gula darah yang fluktuatif akibat alkohol, mengurangi gejala hangover.
  • Menurunkan tekanan darah: Dengan menurunkan tekanan darah yang mungkin meningkat karena alkohol, ginseng membantu meredakan gejala hangover.

 

6. Konsumsi Vitamin B6

 

Vitamin B6 dan Zinc penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan dan juga dapat meringankan gejala mabuk alkohol. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman yang kaya akan vitamin B6 dan Zinc dapat mengurangi tingkat mabuk.

 

BACA JUGA:Inilah 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Bermain Banana Boat di Pantai, Utamakan Keselamatan Anda!

 

Kedua nutrisi ini berperan dalam metabolisme alkohol dan membantu tubuh mengatasi efek negatifnya. Vitamin B6 bisa ditemukan dalam berbagai makanan seperti daging ayam, oat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 

7. Menggunakan Obat Pereda Nyeri

 

Obat pereda nyeri yang tersedia tanpa resep dapat memberikan solusi cepat untuk mengurangi gejala mabuk. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen atau aspirin efektif untuk mengatasi sakit kepala dan nyeri otot. Namun, NSAID bisa mengiritasi lambung, jadi sebaiknya hindari jika mengalami mual atau sakit perut.

 

Asetaminofen (parasetamol) juga dapat digunakan, tetapi jika sering minum alkohol, sebaiknya tidak membuat parasetamol sebagai kebiasaan rutin. Penggunaan parasetamol yang sering dapat merusak hati, terutama jika dikombinasikan dengan alkohol. Selalu berhati-hati dengan dosis obat pereda nyeri dan pertimbangkan tidur sebagai alternatif yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: