10 Cara Mudah Mengobati Perut Kembung Hanya Dalam Hitugan Menit

10 Cara Mudah Mengobati Perut Kembung Hanya Dalam Hitugan Menit

Perut Kembung--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Satu masalah perut yang sering dialami kebanyakan orang Indonesia, yakni kembung. Kembung menjadi salah satu jenis penyakit perut yang dialamai oleh seluruh usia, baik orang dewasa, Lansia bahkan bayi sekalipun bisa mengalami kembung. Meksi tidak berbahaya, ada baiknya kamu tau bagaimana cara mengatasi perut kembung.

Perlu kamu tau, Perut kembung ditandai dengan rasa kencang bersamaan dengan rasa penuh pada bagian perut. Rasa kembung bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk atau kondisi medis yang disebut dengan maag.

BACA JUGA:20 Kata-Kata Motivasi tentang Kehidupan yang Penuh Inspirasi

Meskipun tidak berbahaya, perut kembung perlu segera diatasi karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Perut kembung dapat terjadi ketika Perut dipenuhi dengan gas yang menumpuk dalam saluran pencernaan, seperti lambung dan usus.

Hal tersebut disebabkan akibat udara yang masuk atau produksi gas yang berlebihan dalam usus. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara, baik dengan obat medis maupun perawatan rumahan yang bisa meredakan gejalanya.

Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung

Meskipun tidak berbahaya, perut kembung bisa menjadi tanda adanya gangguan pencernaan yang perlu diatasi, karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan, hilangnya selera makan, dan masalah lainnya. Berikut beberapa cara untuk meredakan perut kembung yang bisa dicoba.

1. Kentut atau bersendawa secara sadar

Jika sering menahan kentut atau sendawa, sebaiknya kebiasaan ini segera diubah untuk mencegah perut kembung. Kentut dan sendawa adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan gas berlebih di dalam perut.

BACA JUGA:Punya Banyak Goals dalam Hidup Kamu? Inilah 8 Tips yang Bisa Kamu Lakukan

Jika perut mulai terasa tidak nyaman, segera cari kesempatan untuk membuang gas. Dengan kentut atau sendawa, perut akan terasa lebih lega. Selain itu, buangan air besar juga dapat membantu mengeluarkan gas yang tertahan.

2. Mengompres perut dengan air hangat

Jika memiliki waktu luang di rumah, coba redakan perut kembung dengan mengompres perut menggunakan air hangat. Siapkan waslap atau kain bersih, air hangat, dan baskom. Celupkan waslap ke air hangat, peras kelebihan air, lalu tempelkan ke perut selama 10-15 menit.

Suhu hangat akan membantu melebarkan pembuluh darah, memperlancar aliran darah yang membawa oksigen, serta merilekskan otot perut. Hal ini akan mengurangi nyeri dan kembung, memudahkan tubuh untuk melepaskan gas berlebih.

3.  Jangan Terlalu sering Duduk Banyak bergerak

Saat perut terasa kembung, hindari hanya duduk diam. Untuk menenangkannya, cobalah segera berdiri dan bergerak. Mulailah dengan gerakan ringan, seperti berjalan kaki selama 10-15 menit.

BACA JUGA:10 Cara Menikmati Hidup tanpa Khawatir akan Komentar Orang Lain: Fokus pada Pengalaman

Olahraga ringan membantu mengendurkan otot usus dan memperlancar pengeluaran gas serta feses. Dengan begitu, gas berlebih di dalam tubuh yang menyebabkan kembung akan ikut keluar saat buang air besar.

4.  Memijat Bagian Perut Secara Perlahan 

Jika perut mulai terasa kembung dan penuh, cobalah untuk meredakannya dengan memijat perut. Pijatan ini dapat membantu memperlancar pergerakan sistem pencernaan dan mengeluarkan gas berlebih dari perut.

Berikut beberapa langkah untuk memijat perut guna mengurangi kembung:

  •        Letakkan kedua tangan di atas tulang pinggul kanan.
  •        Pijat perlahan dengan gerakan memutar, beri tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk.
  •        Lanjutkan pijatan ke bagian perut atas, lalu ke arah tulang rusuk kiri.
  •        Teruskan pijatan ke bagian bawah perut menuju tulang pinggul kiri.

Ulangi gerakan ini sesuai kebutuhan. Dengan memijat, ketidaknyamanan akibat perut kembung akan berkurang. Namun, jika pijatan tidak memberikan hasil atau justru memperparah kembung, sebaiknya hentikan dan coba metode lain.

5.   Makan perlahan

Seperti dijelaskan sebelumnya, makan terlalu cepat dapat menyebabkan perut kembung. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya makan secara perlahan. Makan cepat seringkali menyebabkan udara masuk ke saluran pencernaan, yang kemudian membuat perut terasa kembung, penuh, dan tidak nyaman.

BACA JUGA:10 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Hidup: Tujuan yang Jelas hingga Keberanian

Agar tidak mengalami kembung, usahakan untuk mengunyah makanan perlahan hingga halus sebelum menelan. Saya ingin mengunyah sekitar 30 kali dan memastikan mulut tertutup saat mengunyah. Hindari berbicara saat makan untuk mencegah udara masuk ke perut.

6.   Berhenti merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab perut kembung. Jika ingin menghindari dan mengatasi perut kembung, hindarilah kebiasaan yang memicunya, seperti merokok.

Ketika seseorang merokok, mereka tidak hanya menghirup asap, tetapi juga udara yang masuk ke dalam tubuh, menambah jumlah gas di saluran pencernaan.

Semakin banyak udara dan asap yang masuk, semakin banyak gas yang terakumulasi, yang tidak hanya memperparah kembung tetapi juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan.

7.    Hindari minuman bersoda

Soda, bir, dan minuman berkarbonasi lainnya dapat memperparah gas dalam lambung dan usus karena mengandung karbon dioksida. Memicu karbon dioksida ini menciptakan sensasi kembung dalam sistem pencernaan. Selain itu, minuman bersoda juga mengandung pemanis buatan yang dapat membuat perut terasa tidak nyaman.

8.    Sesuaikan asupan makanan

Beberapa makanan sehat, seperti biji-bijian, makanan pedas, kacang-kacangan, produk susu, dan makanan tinggi serat, dapat menyebabkan perut kembung. Meskipun makanan ini penting untuk kesehatan, disarankan untuk membatasi jumlah yang dikonsumsi sekaligus.

BACA JUGA:The Most Notorious 'Talker' Runs the World's Greatest Clan episode 1: Sinopsis dan Tempat Nonton

Bermaksud untuk menambah porsinya secara perlahan agar tubuh dapat beradaptasi, biasanya dalam waktu sekitar satu minggu. Jika perut tidak kembung selama proses peningkatan porsi.

Anda bisa menambah sedikit lebih banyak. Dengan cara ini, perut kembung dan begah dapat dihindari saat mengonsumsi makanan tersebut.

9.    Mengurangi porsi makan

Mungkin tanpa disadari, kamu pernah merasa perut begah setelah makan dalam jumlah besar. Porsi makan yang besar memang bisa membuat kenyang lebih cepat, tetapi juga dapat menyebabkan perut terasa penuh, begah, dan kembung.

Untuk mengatasi kembung akibat makan berlebihan, cobalah membagi makanan harian menjadi beberapa porsi kecil. Dengan demikian, Anda bisa menjaga agar sistem pencernaan tetap berfungsi dengan baik dan tidak membebani lambung serta usus.

10.   Mengonsumsi teh herbal

Cara lain untuk meredakan perut kembung adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal. Beberapa contoh bahan herbal yang bisa membantu adalah kamomil, ketumbar, pepermin, adas manis, dan kunyit.

BACA JUGA:Jangan Salah, Kenali Konsep 4 Sehat 5 Sempurna untuk Penuhi Asupan Nutrisi Si Kecil

Peppermint dan kamomil biasanya dapat ditemukan dalam teh herbal, sedangkan ketumbar, adas manis, dan kunyit dapat dijadikan bumbu dalam masakan.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi perut kembung. Dari penjelasan di atas, kamu bisa melihat bahwa sebagian besar cara untuk meredakan kembung terkait dengan makanan, baik itu dari segi porsi, jenis, maupun asupannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: