Inilah 5 Mitos yang Dipercaya Masyarakat Berkaitan dengan Pantai, Bagaimana Tanggapanmu?

Inilah 5 Mitos yang Dipercaya Masyarakat Berkaitan dengan Pantai, Bagaimana Tanggapanmu?

mitos-mitos kejadian di pantai--picture by medialampung.disway.id

Pantai adalah salah satu destinasi alam yang indah dan banyak dijadikan tempat wisata. Pemandangan hamparan laut, angin segar, kokohnya pohon kelapa membuat semua orang menyukai pantai. 

Di sisi lain, kita juga sering mendengar beberapa hal mitos mengenai pantai. Ada beberapa orang yang percaya dan menaati berbagai aturan yang beredar di masyarakat. Ada juga sebagian yang acuh tak acuh akan hal itu. 

Sebagai masyarakat Indonesia, sudah semestinya kita menghargai dan menghormati apa yang sudah menjadi tradisi atau kebiasaan di suatu tempat tertentu. 

Jika kita tidak percaya akan hal itu, maka tugas kita hanyalah menghargai dan menghormatinya tanpa memberikan suatu spekulasi yang menyalahkan. 

Berikut ini ada beberapa mitos yang dipercaya terkait kecelakaan yang terjadi di pantai. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa banyak insiden atau peristiwa buruk yang terjadi di pantai. Misalnya, adanya kejadian tenggelam, hilang, menemui sosok wanita berbaju hijau, dan masih banyak yang lainnya. 

BACA JUGA:Wisatawan Meninggal di Pantai Mutiara, Perhatikan Tips Aman Bermain Banana Boat Ini

Supaya tidak penasaran, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini. 

Di sekitar pantai, terdapat berbagai mitos yang sering kali dipercaya oleh masyarakat terkait dengan kecelakaan yang terjadi. Berikut adalah beberapa mitos yang umum beredar:

1. Larangan Memakai Baju Hijau

Salah satu mitos yang terkenal adalah larangan memakai baju hijau saat berada di pantai, terutama di pantai selatan Jawa. Mitos ini berakar dari kepercayaan bahwa warna hijau dapat menyatu dengan air laut, sehingga menyulitkan tim penyelamat untuk menemukan korban jika terjadi kecelakaan. Selain itu, ada juga kepercayaan bahwa memakai baju hijau dapat membawa sial atau dianggap sebagai penyusup oleh makhluk halus, khususnya Nyi Roro Kidul, yang dipercaya sebagai penguasa laut selatan.

2. Keberadaan Makhluk Halus

Banyak orang percaya bahwa kecelakaan di pantai sering kali disebabkan oleh gangguan makhluk halus. Mitos ini sering kali dikaitkan dengan cerita-cerita mistis yang beredar di masyarakat, di mana kecelakaan dianggap sebagai akibat dari tindakan yang tidak menghormati alam atau makhluk gaib.

BACA JUGA:Inilah 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Bermain Banana Boat di Pantai, Utamakan Keselamatan Anda!

3. Ombak Besar sebagai Tanda Bahaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: