Sering Dilupakan, Ternyata Ini Segudang Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar

Sering Dilupakan, Ternyata Ini Segudang Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar

Manfaat ekstrakurikuler di SD--Picture by www.hujandijendela.com

Sejak memasuki bangku Sekolah Dasar (SD), kita pasti sudah mengenal esktrakurikuler atau sering disebut eskul bukan? 

Banyak kategori eskul yang bisa kita temukan dan ikuti selama sekolah. Adanya ekstrakurikuler ini tentunya membawa segudang manfaat yang bisa dirasakan oleh setiap siswa. 

Sebelum membahas lebih jauh, apa sih ekstrakurikuler itu? Yuk kita simak jawabnnya di bawah ini beserta manfaatnya. 

Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan oleh peserta didik di sekolah atau universitas, biasanya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuan mereka di berbagai bidang di luar akademik. 

Kegiatan ekstrakurikuler dapat mencakup berbagai aktivitas, seperti seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang memiliki tujuan positif untuk kemajuan siswa. Dengan mengikuti ekstrakurikuler, siswa tidak hanya mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga kesempatan untuk membentuk karakter dan memperluas jaringan sosial mereka.

BACA JUGA:Kembangkan Potensi Siswa Sejak Dini, SDN Adiarsa Timur II Sediakan Belasan Ekstrakurikuler

Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler Sejak SD

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sejak sekolah dasar (SD) memiliki banyak manfaat yang signifikan bagi perkembangan anak. Berikut adalah beberapa manfaat utama:

1. Mengembangkan Minat dan Bakat

Ekstrakurikuler memberikan kesempatan bagi anak untuk mengeksplorasi dan mengembangkan minat serta bakat mereka. Dengan berbagai pilihan kegiatan, anak dapat menemukan apa yang mereka sukai dan berpotensi menjadi keahlian di masa depan.

BACA JUGA:Ternyata Ini 10 Jenis Pungli di Sekolah dan Cara Melaporkannya, Siswa Jangan Takut

2. Meningkatkan Keterampilan Sosial  

Kegiatan ekstrakurikuler sering kali melibatkan kerja sama dalam kelompok, yang membantu anak belajar berinteraksi dengan teman sebaya. Ini penting untuk membangun keterampilan sosial, seperti komunikasi, kerja sama, dan empati.

3. Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: