5 Tips Agar Anak Mengikuti Ekstrakurikuler di Sekolah dengan Enjoy tanpa Merasa Terbebani

5 Tips Agar Anak Mengikuti Ekstrakurikuler di Sekolah dengan Enjoy tanpa Merasa Terbebani

tips mengikuti ekstrakurikuler dengan enjoy--picture by www.popmama.com

Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh beberapa pihak baik orang tua, guru, dan pembina agar siswa SD bisa enjoy saat mengikuti esktrakurikuler di sekolah. 

Usia anak saat memasuki lingkungan Sekolah Dasar masih senang dengan bermain. Mereka belum memahami makna yang sebenarnya dalam suatu eskul. 

Maka dari itu, perlu dilatih untuk mengenalkan secara dasarnya. Jika sudah timbul rasa suka pada suatu bidang terteentu, maka anak pun akan mengetahui atau mengenal lebih dalam tentang ekstrakurikuler tersebut. 

Nantinya, ia akan lebih matang lagi dengan melanjutkan esktrakurikuler saat memasuki bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan tingkat atas seterusnya. 

Berikut ini ada beberapa tips agar siswa SD dapat mengikuti ekstrakurikuler dengan enjoy tanpa merasa terbebani oleh berbagai tuntutan. Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

BACA JUGA:Kembangkan Potensi Siswa Sejak Dini, SDN Adiarsa Timur II Sediakan Belasan Ekstrakurikuler

Tips Agar Siswa SD Bisa Enjoy Mengikuti Ekstrakurikuler 

Mengikuti ekstrakurikuler seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi siswa SD. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan anak-anak dapat menikmati kegiatan ini tanpa merasa terbebani:

1. Pilih Ekstrakurikuler Sesuai Minat

Pastikan anak memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Ketika anak terlibat dalam kegiatan yang mereka sukai, mereka akan lebih termotivasi dan merasa senang untuk berpartisipasi.

2. Jangan Terlalu Banyak Mengambil Kegiatan  

Siswa sebaiknya tidak mengikuti terlalu banyak ekstrakurikuler sekaligus. Terlalu banyak kegiatan dapat membuat mereka merasa kewalahan. Sebaiknya, pilih satu atau dua kegiatan yang benar-benar diminati.

BACA JUGA:Ternyata Ini 10 Jenis Pungli di Sekolah dan Cara Melaporkannya, Siswa Jangan Takut

3. Ciptakan Suasana Positif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: