Ingat! 10 Jenis Buah Yang Ternyata Gak Boleh Masuk Kulkas, Melon Salah Satunya

Ingat! 10 Jenis Buah Yang Ternyata Gak Boleh Masuk Kulkas, Melon Salah Satunya

Sayuran Di dalam kulkas --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID Buah paling nikmat dikonsumsi saat dalam kondisi dingin, Tapi tahukah kamu? Gak semua buah boleh dan aman dimasukkan kulkas. Ada sejumlah buah yang tidak boleh masuk kulkas dan lebih aman disimpan dalam suhu ruang,

Ada beberapa jenis buah yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Oleh karena itu, Kamu perlu lebih berhati-hati dalam menyimpan buah-buahan agar masih bisa menikmati kesegaran dan vitaminnya.

Selama ini, kulkas dianggap sebagai alat yang dapat mencegah makanan cepat rusak jika tidak segera dikonsumsi. Kulkas juga sering digunakan untuk membuat beberapa jenis makanan lebih nikmat saat disajikan dalam keadaan dingin. Namun, menurut Julie Garden-Robinson, Ph.D., R.D., L.R.D., seorang spesialis dalam bidang makanan dan nutrisi. Dirinya mengatakan jika suhu dingin di dalam kulkas ternyata bisa berdampak buruk pada beberapa jenis makanan sehat, termasuk buah-buahan.

BACA JUGA:20 Ide Nama Bisnis Jualan Salad Buah dan Sayur, Penting Banget untuk Promosi Dagangan

Oleh karena itu, penting bagi Kamu untuk menyadari bahwa tidak semua buah cocok disimpan di dalam kulkas. Nyatanya ada beberapa jenis buah justru lebih baik disimpan pada suhu ruang agar kualitasnya tetap terjaga. Dengan cara ini bisa membantumu menjaga buah-buahan tetap segar dan lezat saat dikonsumsi.

Daftar Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

Jika Kamu belum mengetahuinya, berikut ini beberapa daftarnya. Catat ya, Kamu!

1.     1. Melon

Melon adalah salah satu buah yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Melon akan memiliki cita rasa terbaik jika disimpan pada suhu ruangan. Jika disimpan di kulkas, terutama setelah dipotong, melon cenderung cepat mengering dan keriput, sehingga rasanya berubah. Selain itu, penelitian dari United States Department of Agriculture (USDA) menunjukkan bahwa penyimpanan pada suhu ruangan dapat membantu mempertahankan kandungan antioksidan dalam melon.

2.   2. Alpukat

Alpukat paling baik dinikmati saat berada pada suhu ruangan. Jika Kamu memiliki banyak alpukat matang dan tidak akan menggunakannya dalam waktu dekat, Kamu bisa menyimpannya di kulkas untuk mempertahankan kualitasnya selama beberapa hari. Namun, jika alpukat belum matang, sebaiknya hindari menyimpannya di kulkas karena suhu dingin dapat menghambat proses pematangannya.

3.    3. Tomat

Buah berikutnya yang tidak dianjurkan untuk disimpan di kulkas adalah tomat. Suhu dingin di dalam kulkas dapat merusak tekstur dan rasa tomat, sehingga rasanya menjadi kurang tajam, asam, dan segar. Penelitian di Universitas Florida menemukan bahwa tomat yang disimpan pada suhu rendah cenderung kehilangan cita rasa khasnya. Semakin lama tomat disimpan di kulkas, seperti selama seminggu, kesegarannya akan semakin berkurang.

6.    4. Pisang

Pisang juga sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Udara dingin bisa merusak pisang. Pisang yang belum matang tidak akan matang jika disimpan di kulkas, sementara pisang matang yang disimpan di kulkas akan cepat berubah warna menjadi kecokelatan karena enzim yang memecah nutrisinya.

4.    5. Jeruk

Jeruk, termasuk jenis citrus seperti lemon, limau, dan jeruk nipis, sebaiknya disimpan pada suhu ruangan. Menyimpan jeruk di tempat yang dingin dapat menyebabkan kulitnya mengering dan menjadi keras. Selain itu, kandungan air dalam jeruk juga akan berkurang jika kulitnya mengering.

7.    6. Pepaya

Pepaya, terutama yang belum sepenuhnya matang, sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Penyimpanan pepaya di suhu dingin dapat membuat teksturnya menjadi kering dan kurang enak karena suhu dingin menghambat proses pematangannya. Pepaya yang sudah matang saja yang sebaiknya disimpan di kulkas.

8.    7. Buah Beri

Buah beri memiliki kualitas terbaik saat baru dipetik, dan penyimpanan pada suhu ruangan dapat membantu mempertahankan kualitas tersebut. Namun, kualitasnya hanya bertahan 1-2 hari. Jika tidak segera habis, buah beri dapat disimpan di kulkas.

9.    8. Labu

Labu juga tidak disarankan untuk disimpan di dalam kulkas. Sebaiknya simpan labu di tempat yang terkena cukup sinar matahari, seperti dekat jendela yang terang, untuk memperkuat dan memperpanjang masa simpan kulitnya.

BACA JUGA:Lapangan Karangpawitan Jadi Tempat Favorit Warga Karawang, Pendatang Baru Wajib ke sini

Untuk penyimpanan jangka panjang, labu sebaiknya disimpan di tempat gelap, kering, dan berventilasi baik dengan suhu di atas 10°C agar bisa bertahan hingga 6 bulan. 

9. Semangka

Semangka adalah buah yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Buah yang kaya air ini mengandung likopen, senyawa yang dikenal memiliki sifat antikanker. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam MDPI Journal, kadar likopen dalam semangka dapat meningkat hingga 40 persen jika disimpan pada suhu ruangan. Selain itu, kadar asam amino arginin dalam semangka juga akan meningkat jika disimpan di suhu ruangan. 

10. Mangga

Menyimpan mangga di dalam kulkas dapat merusak teksturnya dan mengubah rasa manis alami mangga menjadi tawar. Namun, jika perlu menyimpan mangga di kulkas, pastikan untuk membungkusnya dengan plastik wrap agar terlindung dari aroma dan udara di dalam kulkas.

Nah, apakah ke 10 buah ini sempat mampi di kulkasmu? Jika masih ada yuk segera keluarkan dari dalam kulkas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: