Banyak Luka Lebam Tapi Bingung Ngatasinya? Ini Cara Atasi Luka Lebam di Wajah

Banyak Luka Lebam Tapi Bingung Ngatasinya? Ini Cara Atasi Luka Lebam di Wajah

Banyak Luka Lebam Tapi Bingung Ngatasinya? Ini Cara Atasi Luka Lebam di Wajah--Foto by Orami

Penyebab

Lebam atau memar terjadi ketika pembuluh darah kecil di bawah kulit rusak, sering kali akibat benturan atau cedera. Luka Lebam biasanya berwarna merah atau bahkan sampai berwarna keunguan atau hitam. Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan luka ini muncul, seperti pemukulan,terkena benda tumpul,atau karna pembuluh darah yang pecah. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu mengurangi Lebam dan mempercepat proses penyembuhannya:

 

1. Kompres Dingin: Segera setelah cedera, gunakan kompres es atau kain yang dibasahi air dingin pada area yang lebam selama 15-20 menit. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mencegah lebam menjadi lebih besar. Ulangi setiap beberapa jam selama 1-2 hari pertama.

2. Angkat Bagian Tubuh yang Terkena: Jika memungkinkan, angkat area yang lebam di atas level jantung untuk membantu mengurangi aliran darah ke area tersebut dan mengurangi pembengkakan.

3. Kompres Hangat: Setelah 48 jam, kamu dapat mulai menggunakan kompres hangat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke area yang lebam, membantu menghilangkan darah yang terkumpul di bawah kulit. Gunakan kompres hangat selama 10-15 menit, beberapa kali sehari.

4. Gunakan Krim atau Salep Khusus: Ada beberapa krim atau salep yang dapat membantu mengurangi lebam, seperti yang mengandung arnica, vitamin K, atau ekstrak lidah buaya. Oleskan sesuai dengan petunjuk pada kemasan.

5. Minum Obat Pereda Nyeri: Jika lebam disertai rasa sakit, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Hindari aspirin, karena dapat mengencerkan darah dan membuat lebam bertahan lebih lama.

 

BACA JUGA: 10 Tips Merawat Luka Akibat Pukulan

 

6. Jaga Pola Makan: Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan K dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan mempercepat penyembuhan lebam.

7. Hindari Tekanan atau Pijat pada Area Lebam: Hindari memberi tekanan berlebih atau memijat area yang lebam, karena ini dapat memperburuk kondisi atau membuat lebam menyebar.

8. Biarkan Sembuh Secara Alami: Lebam biasanya akan sembuh sendiri dalam 1-2 minggu. Warna lebam akan berubah dari merah kebiruan menjadi ungu, lalu kehijauan atau kuning sebelum akhirnya memudar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: