Tangan Dingin Dede Karbada Pimpin SMPN 1 Kotabaru, Antarkan Ekskul Pramuka Kian Eksis dan Berprestasi

Tangan Dingin Dede Karbada Pimpin SMPN 1 Kotabaru, Antarkan Ekskul Pramuka Kian Eksis dan Berprestasi

Kepala sekolah, guru dan siswa yang aktif di ekskul pramuka SMPN 1 Kotabaru saat foto bersama dengan Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, Sabtu (24/8/2024).-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Ekstrakurikuler (ekskul) pramuka SMPN 1 Kotabaru (Sakobar) begitu fenomenal dengan memiliki seabrek prestasi membanggakan.

Di bawah kepemimpinan Dede Karbada, sekolah yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda, Desa Sarimulya, Kecamatan Kotabaru, Karawang ini memang semakin bersinar. Pramuka menjadi salah satu ekskul yang kian meroket baik dari segi popularitas, eksistensi maupun prestasi.

Kehebatan dan popularitas eskul pramuka SMPN 1 Kotabaru bisa dilihat dari kiprah terbaru yang dijalani. Ekskul yang dibina Nandang Kurinawan dan Intan Shofiyanti ini diundang untuk tampil dalam Upacara Hari Pramuka ke-63 dan Pengukuhan Pramuka Garuda, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karawang, di Plaza Pemda Karawang, Sabtu (24/8/2024).

BACA JUGA:Harumkan Nama Jawa Barat, Pemprov Jabar Berikan Penghargaan untuk Nike Ardilla dan Ni Mursih

"Alhamdulillah, sebelumnya kami juga dipercaya untuk tampil dalam peringatan HUT RI di Kecamatan Kotabaru. Kemudian, yang begitu luar biasa dan membanggakan adalah ekskul pramuka sekolah kami diapresiasi Pak Bupati dan mendapatkan kesempatan untuk tampil di momen Hari Ulang Tahun Karawang pada September mendatang," ujar Dede, kepada KBE, Sabtu (24/8/2024).

Dari segi prestasi, ekskul pramuka SMPN 1 Kotabaru tak henti-hentinya membawa pulang gelar juara umum mulai dari tingkat Kwartir Ranting Kotabaru hingga kejuaraan tingkat DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Prestasi juara umum di tingkat Kwartir Ranting seperti diraih dalam gelaran Jamran Kwartir Ranting Kotabaru pada 12-14 Agustus 2023 dan Lomba Giat Galang Terpadu (LG2T) pada 11 Agustus 2024.

Kemudian, juara umum di tingkat Kabupaten Karawang diperoleh dalam ajang Lomba Galang Indonesia Terbuka (Logika) 2 pada 11 Mei 2024. Juara umum di level Provinsi Jawa Barat dicatatkan dalam Aksi Lomba Giat Penggalang VI pada 25 Meri 2024.

BACA JUGA:Tahapan Keseluruan PPPK 2024: Dari Seleksi, Durasi Waktu Pengerjaan, Hingga Bobot Nilai

Sedangkan juara umum di tingkat DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten diukir dalam Silatika Scouting Skill Competition (3SC) pada 19 Agustus 2023 dan Lomba Prasasti Season 3 (Pramuka Sacalati) pada 18 November 2023.

"Kami dari sekolah tentunya akan selalu mendukung pengembangan minat, bakat dan potensi yang dimiliki siswa baik melalui kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler maupun kejuaraan. Semoga pencapaian ekskul pramuka dapat memotivasi siswa lainnya untuk ikut menorehkan prestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik. Karena dengan memiliki prestasi akan menjadi bekal bagi siswa saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," tutur Dede.

Pembina Pramuka Putra SMPN 1 Kotabaru, Nandang Kurinawan menambahkan, ekskul pramuka yang dilatih Burhanudin saat ini aktif berlatih seminggu dua kali setiap Selasa dan Jumat setelah pulang sekolah.

BACA JUGA:Diduga Lakukan Perbuatan Asusila, Puluhan Remaja Mesum di Karawang Diamankan

"Saat ini ada sekitar 50 siswa yang aktif berlatih mengikuti kegiatan ekskul pramuka. Mereka merupakan siswa kelas tujuh, delapan dan sembilan," kata Nandang. (ayi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: