Bantu Petani Menghadapi Musim Kemarau, DPKP Karawang Ajukan Penambahan Pompa Air Sebanyak 132 Unit

Bantu Petani Menghadapi Musim Kemarau, DPKP Karawang Ajukan Penambahan Pompa Air Sebanyak 132 Unit

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang mengajukan penambahan bantuan pompa air sebanyak 132 unit untuk membantu para petani menghadapi musim kemarau. -KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang mengajukan penambahan bantuan pompa air sebanyak 132 unit untuk membantu para petani menghadapi musim kemarau

Permintaan ini diajukan ke Kementerian Pertanian setelah sebelumnya telah disalurkan 94 unit pompa air kepada kelompok tani sejak Mei hingga awal Agustus 2024.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Rohman, melalui staff Prasarana dan Sarana Pertanian, Jaya, mengatakan bahwa bantuan pompa air diprioritaskan untuk petani yang memiliki lahan di daerah rawan kekeringan.

"Bantuan ini sudah diberikan sebanyak tiga kali, dan kami berharap penambahan unit ini dapat membantu lebih banyak petani," ujarnya.

BACA JUGA:Komitmen Membangun Kabupaten Bekasi, Hankook Tire Raih Penghargaan di HUT Kabupaten Bekasi ke 74

BACA JUGA:Gerai Ketiga Erablue Hadir di Wilayah Karawang, Penuhi Kebutuhan Consumer Electronics Pelanggan Setia

Penambahan pompa air diusulkan untuk 11 kecamatan, dengan Kecamatan Banyusari menjadi penerima terbanyak dengan 29 unit. Ukuran pompa yang diberikan bervariasi, mulai dari 3 inch, 4 inch, hingga 6 inch.

"Untuk mengajukan permohonan bantuan, kelompok tani dapat menyerahkan surat pengajuan, fotokopi KTP ketua kelompok, dan titik lokasi koordinat kelompok kepada PPL," jelas Jaya. PPL kemudian akan menyerahkan berkas tersebut ke UPTD di masing-masing kecamatan.

Rohman menambahkan bahwa perawatan pompa air menjadi tanggung jawab masing-masing kelompok tani. "Kami tidak memberikan bantuan anggaran operasional untuk perawatan," tegasnya.

BACA JUGA:120 Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

BACA JUGA:Terdampak Kekeringan, 7.850 Warga Karawang Kesulitan Air Bersih

Langkah ini diharapkan dapat membantu para petani di Karawang dalam menghadapi musim kemarau dan menjaga produktivitas pertanian di wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: