KDM Akan Ciptakan Ribuan Manajer Baru dari Jabar, Upaya Penyerapan Tenaga Kerja

KDM Akan Ciptakan Ribuan Manajer Baru dari Jabar, Upaya Penyerapan Tenaga Kerja

Calon Gubernur Jawa Barat, Kang Dedi Mulyadi (KDM)-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi akan berupaya meningkatkan penyerapan tenaga kerja untuk anak-anak di Jawa Barat, terutama di daerah-derah industri, seperti Karawang.

"Kenapa yang selalu menjadi keributan adalah tentang kurang optimalnya penerimaan tenaga kerja setempat. Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa di manajemen-manajemen perusahaan rata-rata bukan orang setempat. Untuk itu agar keributan ini berakhir, saya sudah merumuskan caranya,' ujar sosok yang akrab disapa KDM, usai acara perayaan Hari Jadi Desa Sukaluyu, Karawang, Jumat 7 September 2024.

Caranya, kata KDM, ke depan akan menggulirkan sekolah manager. Yang nantinya akan melahirkan banyak menejer-menejer baru.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan, RSUD Cabangbungin Luncuran Inovasi Bima Sakti

BACA JUGA:Gelar Senam dan Jalan Sehat Bareng Ribuan Warga Lembang, Pasangan Jeje-Asep Makin Lengket

"Caranya, anak-anak yang memiliki kualifikasi di areal kawasan industri di sekolahkan. Sekolahnya gratis, dibiayai oleh pemerintah," ucapnya.

Di sekolah tersebut, sambung dia, bukan hanya diajarkan soal akademis, tapi juga didik langsung, dicamp-kan. "Dididik bagaimana cara menggunakan sepatu, bagaimana cara memakai baju, bagaimana cara menggunakan dasi, bagaimana etika dalam bergaul dengan pimpinan, dengan sesama, dengan lingkungan, sehingga dia tumbuh menjadi profesional baru," kata KDM.

Ia mencontohkan. Saat dirinya menjadi Bupati Purwakarta, hal ini sudah dilakukan. Ia bekerja sama dengan Politeknik Enjinering milik Indorama.

Kala itu ada 100 anak yang mendapatkan pendidikan gratis. "Hasilnya, dari 100 anak itu semuanya sudah bekerja. Saat itu kita menggunakan anggaran, untuk satu tahun untuk 100 anak sebesar Rp1 miliar. Dan itu sukses, bisa dilakukan," katanya.

BACA JUGA:Dua Eksekutor Pembunuh Karyawan TMMIN Karawang Divonis 20 Tahun Bui

BACA JUGA:Tukang Pempek Asal Brebes Cabuli Anak Laki-laki di Cilincing

Ke depan, akan dilakukan di setiap kabupaten/kota. Angaran bisa sharing dengan pemda setempat. "Harapannya, lahir ribuan menejer baru di Jawa Barat. Kan keren jika anak-anak Jawa Barat nantinya akan mengisi kursi menejer di perusahaan-perusahaan. Sehingga industri di Jawa Barat, akan menyerap tenaga kerja dari Jawa Barat itu sendiri," imbuh KDM. (Siska)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: