Mata Sering Bengkak Ternyata Ini Lho Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Perlu diketahui!

Mata Sering Bengkak Ternyata Ini Lho Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Perlu diketahui!

Mata Sering Bengkak Ternyata Ini Lho Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Perlu diketahui!--Blibli.com

 

Mata merupakan panca indra yang sangat penting bagi tubuh. Mata sangat penting digunakan untuk bisa melihat untuk mengenal apapun yang ada di kehidupan ini. Namun, ada beberapa hal juga yang dapat membuat Mata menjadi terganggu kegunaannya, seperti Mata gatal atau Mata bengkak. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, karena Mata merupakan organ yang sangat sensitif, kita sebagai makhluk harus sering-sering merawat Mata dengan baik. 

Mata bengkak biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang membuat tampilan mata menjadi lebih besar. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan mata menjadi bengkak tersebut ada beberapa hal, diantaranya yaitu:

 

Faktor Penyebab Mata Bengkak

1. Alergi: Ada sebagian orang yang memiliki mata yang super sensitif. Sehingga ketika mengonsumsi sesuatu akan membuat mata menjadi bengkak atau memerah. Alergi seperti alergi debu, serbuk sari, atau bahan kimia ini dapat menyebabkan mata menjadi bengkak.

2. Infeksi mata / konjungtivitis: Infeksi bakteri atau virus di mata bisa menyebabkan pembengkakan. Infeksi terssbut bisa berasal dari debu ataupun dari tangan. Oleh karena itu, jika merasa ada benda yang masuk ke dalam mata diharapkan untuk tidak menguceknya karena itu akan membuat mata menjadi semakin infeksi. Jika mengalami hal tersebut maka segera cuci mata dengan air bersih atau menggunakan obat tetes mata. Apabila hal tersebut masih saja tidak membaik, maka sebaiknya kalian segera konsultasi dengan dokter.

3. Kurang tidur: Siapa disini yang masih suka begadang? Begadang yang berlebihan akan mempengaruhi kesehatan mata kita lho. Selain membuat kantung mata menjadi hitam, dengan begadang atau kurang tidur kamu juga akan membuat mata menjadi bengkak sepeeti orang yang baru menangis. Maka dari itu, pastikan kalian tidur dengan cukup. Selain membuat badan menjadi segar, dengan tidur yang cukup juga dapat membuat kalian terlihat lebih fresh dan mata menjadi lebih cerah.

4. Penumpukan cairan: Pernah tidsk kalian mengalami mata yang bersir secara tiba-tiba? Mata yang berair berarti terdapat penumpukan cairan pada kelopak mata yang menyebabkan mata menjadi terlihat lebih bengkak. Ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak menhonsumsi garam, kurang tidur, atau tidur dengan posisi kepala yang rendah.

5. Cedera: Trauma atau benturan pada mata bisa menyebabkan mata menjadi bengkak. Selain itu, jika kalian sedang menggunakan gadget sambil tiduran dengan posisi yang salah juga dapat membuat mata menjadi bengkak lho.

6. Gigitan serangga: Gigitan di sekitar area mata bisa memicu peradangan dan pembengkakan. Biasanya yang sering terjadi adalah gigitan dari semut merah dan juga kecoa.

7. Kondisi medis seperti penyakit ginjal: Retensi cairan yang berlebihan dapat memicu pembengkakan di area sekitar mata.

BACA JUGA: Mengenal Papua New Guinea yang Sempat Menjadi Bagian dari Indonesia

Cara Mengatasi Mata Bengkak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: