Iniloh yang Menyebabkan Kucing Peliharaanmu Sering Muntah, Ketahui Pula Makna dari Warna Muntahnya

Iniloh yang Menyebabkan Kucing Peliharaanmu Sering Muntah, Ketahui Pula Makna dari Warna Muntahnya

Kucing Muntah Kuning--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Suka kepikiran gak si kalau anabul lagi sakit? Perasaan cemas kerap timbul saat kucing kesayangamu sedang sakit. Bukan Cuma kutu atau mencret, salah satu penyakit yang kerap dialam ikucing adalah muntah kuning. Lantas, bahaya gak sih kucing yang muntah?

BACA JUGA:Jangan Takut Rugi, Inilah 8 Tips Menjual Chicken Katsu dengan Harga Rp10.000

Sebenarnya, muntah kuning pada kucing bisa dianggap normal jika hanya terjadi sesekali. Namun, jika muntah kuning terjadi berulang kali, penting untuk membawa si kucing ke dokter hewan. Untuk mengetahui onformasi ini lebih lanjut. Berikut penyebab kucing mengalami muntah berikut cara mengatasinya!

Jenis-jenis Muntah Kucing Berdasarkan Warna

Muntahan kucing punya beragam jenis warna, warna yang berbeda punya maksud yang berbeda dalam mengartikan gangguan Kesehatan yang dialami kucing. Adapun arti warna pada muntah kucing diantaranya

1.    Muntah Warna Kuning
Biasanya menunjukkan gangguan empedu atau bisa jadi tanda penyakit hati. Namun, jika kucing belum makan dalam waktu lama, muntah kuning bisa terjadi. Muntah kuning juga bisa terjadi jika kucing baru saja makan makanan berwarna kuning.

2.    Muntah Warna Bening
Muntah bening bisa terjadi karena regurgitasi dari kerongkongan atau perut kosong.

3.    Muntah Warna Putih Berbusa
Muntah putih berbusa biasanya merupakan campuran getah perut yang berasal dari kerongkongan atau perut kosong.

4.    Muntah Warna Merah Darah
Jika kucing sering muntah darah, Kamu harus waspada. Darah ini bisa berasal dari mulut, kerongkongan, atau perut kucing.

5.    Muntah Warna Cokelat Kehitaman
Muntah yang tampak seperti bubuk kopi menunjukkan adanya perdarahan di perut, bisa karena perdarahan di saluran pencernaan bagian atas atau mengonsumsi sesuatu yang berwarna cokelat dan beraroma kuat.

6.    Muntah Cair dengan Potongan Makanan
Jika muntahan mengandung potongan makanan yang tidak tercerna, ini bisa menunjukkan adanya alergi atau gangguan pencernaan pada kucing.

Apa yang Menyebabkan Kucing Sering Muntah?

Bukan tanpa alasan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan kucing sering muntah, termasuk pada muntah kuning. Berikut adalah beberapa penyebab umum:

1.    Menelan Benda Asing

Beberapa kucing mungkin muntah saat mereka sangat lapar karena menelan benda asing. Namun, muntah kuning tidak selalu disebabkan oleh asam lambung dan empedu.

Kucing mungkin telah menelan sesuatu yang berwarna kuning dan sulit dicerna. Benda asing ini sering kali tidak terlihat dan bisa menyebabkan muntah yang berulang.

2.    Pola Makan Tidak Teratur

Kucing muntah kuning juga bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sesuai. Mungkin makanan yang diberikan tidak cocok atau tidak dapat diterima oleh sistem pencernaan kucing.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Saus untuk Chiken Katsu yang Wajib Kamu Coba

Ketika kucing makan sesuatu yang tidak sesuai, ia bisa mengalami gangguan pencernaan, dan dalam kasus yang lebih serius, kucing bisa terpapar racun atau bahkan kanker.

3.    Gangguan Empedu

Kucing yang sering muntah kuning biasanya mengalami gangguan pada asam lambung dan empedu. Asam lambung diproduksi di lapisan lambung untuk membantu proses pencernaan, sementara empedu diproduksi di hati dan disimpan di kantong empedu.

Kedua cairan ini memasuki usus untuk membantu pencernaan. Jika kucing muntah cairan kuning, sering kali disebabkan karena perutnya kosong. Asam lambung yang mengiritasi lapisan perut dapat menyebabkan muntah.

4.    Menelan Bola Rambut (Hairball)

Kucing sering kali menelan bulu saat membersihkan diri. Bulu-bulu ini biasanya melewati sistem pencernaan tanpa masalah, tetapi terkadang bisa berkumpul di perut dan membentuk bola rambut.

Bola rambut ini bisa menyebabkan kucing muntah makanan yang tidak tercerna. Meskipun muntah hairball terkadang normal, jika kucing sering muntah kuning karena banyak menelan hairball, Kamu harus lebih waspada.

5.    Sistem Pencernaan Mengalami Iritasi

Muntah kuning pada kucing bisa menandakan adanya iritasi pada perut atau sistem pencernaan. Dalam kondisi ini, Kamu mungkin juga akan melihat muntah yang berisi makanan yang tidak tercerna, darah, atau empedu.

BACA JUGA:Mau Tahu Tips dan Trik Jualan Chiken Katsu Bisa Laris? Simak 8 Rahasia Ini

Kucing yang mengalami masalah pencernaan sering menunjukkan penurunan nafsu makan, sikap lesu, atau dehidrasi. Biasanya, dokter hewan akan mencari penyebab iritasi dan menentukan langkah perawatan yang tepat.

6.         6.  Kebiasaan Makan Terlalu Cepat

Kucing yang makan terlalu cepat bisa mengalami muntah makanan yang belum tercerna. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah menggunakan mainan puzzle makanan yang dapat memperlambat kecepatan makan kucing.

Mainan puzzle ini tidak hanya berfungsi sebagai alat permainan, tetapi juga sebagai cara untuk melatih dan memperlambat proses makan. Jika kucing terus-menerus muntah meski sudah menggunakan wadah puzzle, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan.

7.    Mengidap Penyakit Tertentu

Menurut Journal of the American Animal Hospital Association, muntah kronis pada kucing bisa disebabkan oleh berbagai penyakit. Penyakit seperti radang usus, alergi makanan, gangguan motilitas gastrointestinal, dan neoplasia dapat menyebabkan muntah cairan kuning.

BACA JUGA:Mau Tahu Tips dan Trik Jualan Chiken Katsu Bisa Laris? Simak 8 Rahasia Ini

Selain itu, penyakit di luar sistem pencernaan, seperti penyakit ginjal, penyakit hati, dan hipertiroidisme, juga dapat menjadi penyebab muntah pada kucing.

8.    Alergi Pada Jenis Makanan

Kucing yang mengalami alergi makanan sering kali alergi terhadap protein. Makanan terhidrolisis, yaitu makanan yang telah dipecah menjadi komponen asam amino, dapat membantu menghindari reaksi alergi dengan mencegah sistem kekebalan kucing mengenali alergen.

BACA JUGA:Apakah Kucing Boleh Makan Roti? Yuk Tengok Efek Samping dan Risikonya

Jika kucing muntah kuning akibat alergi makanan, segera konsultasikan dengan dokter hewan. Gejala lain yang mungkin muncul termasuk penurunan berat badan, kelemahan, dan kekurangan cairan.

Demikian penjelasan mengenai penyebab kucing yang sering muntah. Semoga car aini membantumu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: