Cara Ampuh Membasmi Telur Kecoa di Dalam Rumah Tanpa Menimbulkan Bau Busuk

Cara Ampuh Membasmi Telur Kecoa di Dalam Rumah Tanpa Menimbulkan Bau Busuk

Telur Kecoa --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Kecoa ga bakal hilang dari rumahmu kalau kamu cuma mengusir kecoa dewasa tapi tidak membasmi telurnya. Ketika rumah diserang oleh kecoa, satu hal penting yang harus kamu lakukan adalah tidak membiarkannya berkembangbiak di dalam rumah.

Karena kemunculan satu kecoa bisa jadi tanda adanya koloni besar dan banyak telur di sekitar rumah.Jadi, jangan berfikir kalau kecoa yang muncul hanya sekedar lewat, mereka pasti datang bersama yang lain atau bahkan menetaskan anaknya di sekitar rumhmu.

BACA JUGA:10 Cara Memandikan Kucing Tanpa Panik dan Stres, Anabul Auto Kalem!

Meskipun telur kecoa belum menetas, mereka tetap dapat membawa dampak buruk mirip sepert kecoa dewasa. Telur kecoa menghasilkan dua baris embrio yang saling berhadapan, dan mereka akan berkembang di dalam cangkangnya selama beberapa minggu. Setelah itu, bayi kecoa akan menekan keluar dan sel telur akan terbuka.

Beberapa orang sering geli dan jijik untuk menyentuh dan mengusir kecoa. Lalu bagaimana dengan telurnya? Tentu hal ini jadi terasa merepotkan dan mengganggu aktifitasmu dirumah.

Cara Membasmi Telur Kecoa di Dalam Rumah

Ukurannya memang tidak besar, tapi banyak orang yang takut akan keberadaanya. Kecoa memang tidak menyebabkan kerusakan besar atau membawa risiko penyakit yang sama dengan serangga lain, tetapi kloni saudara dan anak anaknya dapat bertumbuh sangat cepat setelah keluar dari cangkang.

BACA JUGA:6 Fakta Menarik Daun Catnip, Tanaman yang bisa bikin Kucing Mabuk

Dalam waktu setahun, satu koloni kecoa bisa berkembang menjadi lebih dari 30.000 kecoa. Kamu pasti gak mau kan rumah tempat tinggalmu beralih jadi tempat budidaya kecoa.  Karena itu, penting untuk menyingkirkan telur kecoa dan mencegah kelahiran kecoa baru. Dengan tips and trick dibawah ini.

  1. Bersihkan Area Lembap di Sekitar Rumah

Kecoa sering ditemukan di sudut-sudut rumah yang hangat, lembap, dan dekat dengan sumber air serta makanan. Oleh karena itu, area seperti dapur dan kamar mandi adalah tempat yang sering menjadi sarang kecoa.

Mereka juga suka menyembunyikan telur-telurnya di tempat-tempat ini. Untuk mencegah perkembangbiakan kecoa dan mengurangi jumlah telur yang ada, pastikan Kamu membersihkan area-area berikut secara rutin:

·         Bak cuci piring

·         Tempat penyimpanan makanan

·         Lantai dapur dan kamar mandi

·         Saluran air di bak mandi

·         Tempat penyimpanan pipa air

·         Kotak penyimpanan pemanas air

·         Ruang cuci pakaian

  1. Gunakan Debu Pengering

Jika Kamu menemukan telur kecoa di bawah wastafel atau dinding, coba gunakan tanah diatom atau debu pengering. Debu ini dapat mengeringkan dan membunuh telur-telur kecoa dengan efektif, sehingga bayi kecoa bisa mati di dalam cangkang.

  1. Manfaatkan Aroma Bubuk Kopi  

Bukan Cuma enak diminum, kopi punya aroma khas yang kuat dan menyengat. Kamu bisa menggunakan bubuk kopi untuk membantu membasmi telur kecoa. Caranya mudah: taburkan bubuk kopi di area yang sering dilalui kecoa, seperti dapur dan kamar mandi. Pastikan menggunakan bubuk kopi hitam murni, bukan yang sudah dicampur gula, susu, atau krimer.

  1. Minyak Esensial dengan Aroma Tumbuhan

Minyak esensial biasanya digunakan untuk menciptakan suasana tenang dan menyegarkan. Namun, beberapa aroma dari minyak esensial ini juga dapat membantu melawan telur kecoa di rumah. Aroma-aroma yang efektif antara lain:

·         Tea tree

·         Cajuput (kayu putih)

·         Peppermint

·         Lavender

Kecoa cenderung tertarik pada aroma makanan, sehingga Kamu bisa menggunakan wewangian ini untuk mengelabui indra penciuman mereka. Cukup teteskan beberapa tetes minyak esensial ini ke dalam difuser dan letakkan di area yang sering dilalui kecoa,

  1. Menggunakan Insect Growth Regulator (IGR)

Insect Growth Regulator (IGR) adalah jenis insektisida yang tidak membunuh serangga dewasa, tetapi mencegah mereka berkembang menjadi bentuk dewasa. Dengan menggunakan IGR, kecoa tidak bisa berkembang biak dan menghasilkan telur.

Kamu dapat menuangkan IGR langsung ke telur kecoa atau menempatkannya di area rumah yang sering menjadi tempat kecoa. Telur yang terpapar IGR tidak akan menetas, dan kecoa yang memakannya akan mati.

  1. Minyak Nimba

Minyak nimba atau neem telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah, termasuk hama. Minyak atau bubuk nimba mengandung zat aktif yang efektif membunuh telur kecoa.

Untuk menggunakan minyak nimba, campurkan sedikit minyak dengan air dalam botol semprot dan semprotkan di area yang sering dihuni kecoa, seperti dapur dan kamar mandi. Jika menggunakan bubuk nimba, taburkan bubuk tersebut di tempat yang banyak kecoa pada malam hari dan ulangi proses ini keesokan harinya.

  1. Menghancurkan Telur Kecoa

Jika kecoa sudah bertelur di rumah, langkah berikutnya adalah membasmi telur-telur tersebut. Periksa sudut-sudut yang rawan menjadi tempat tinggal kecoa dan gunakan metode berikut untuk mengatasi telur-telur kecoa:

·         Hancurkan telur dengan sepatu atau benda lain

·         Bakar telur kecoa

·         Tuangkan asam borat ke atas telur

·         Semprotkan pembasmi hama

·         Gunakan vacuum cleaner untuk mengisap telur

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: