Pakai 7 Cara Ini, Kecoak dan Kloninya Auto Minggat Gak Bakal Balik Lagi Kerumahmu

Pakai 7 Cara Ini, Kecoak dan Kloninya Auto Minggat Gak Bakal Balik Lagi Kerumahmu

ilustrasi gambar, Kecoa--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-  Kecoa jadi hama rumah paling mengerikan bagi sebagian orang. Karena kenyataanya, banyak orang yang menjerit ketakutan saat Kecoa terbang atau mendekat kearahnya. Hadirnya kecoa di dalam rumah menandakan jika kebersihan rumah mu sedang tidak baik baik saja. Lantas bagaimana cara ampuh membasminya? Simak informasinya dibawah ini!

Langkahnya yang gesit dan kemampuannya terbang ke segala arah, membuat kecoa sulit untuk ditangkap bahkan dibunuh. Meski tubuhnya kecil, kecoa cukup tangkas menghadapi serangan mematikan yang membunuhnya. Menangkap kecoa menjadi perkara yang sulit dilakukan bagi Sebagian orang.

BACA JUGA:Cara Ampuh Membasmi Telur Kecoa di Dalam Rumah Tanpa Menimbulkan Bau Busuk

Tamu harus disambut dengan baik olah tuan rumah, tapi bagaimana jika tamu tersebut adalah Kecoa? Ketika kecoa sudah masuk dan menetap di rumah, mengusirnya  dari dalam rumah bisa menjadi tugas yang sangatsulit dilakukan. Kenyataan ini semakin sulit mengingat Kecoa datang bersama kloni dan telur telur yang siap menetas. Selain mengganggu dengan memakan makanan, kecoa juga bisa merusak lapisan kertas dinding, buku, dan peralatan elektronik.

Wajar saja, jika Kecoa menjadi salah satu hama yang paling dibenci di dunia. Keberadaanya dianggap menjijikkan mencerminkan lingkungan rumah yang kotor. Lantas, ada gak sih cara ampuh untuk membasmi Kecoa berikut para kloni dan telur telurnya?

Ada beberapa cara ampuh untuk mengusir kecoa hanya menggunakan bahan rumah tangga yang bisa kamu temui di rumah. Penasaran? Simak informasinya dibawah ini.

Cara Mengusir Kecoa Menggunakan Bahan Bahan Rumah Tangga

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kecoak minggat dan gak balik kerumah. Penasa napa aja barangnya? Simak informasinya dibawah ini :

1.  Asam Borat
Salah satu metode yang efektif untuk mengusir kecoa adalah dengan menggunakan asam borat. Produk ini bisa dibeli di toko atau online dan merupakan bahan yang sangat baik untuk membasmi serangga. Kamu bisa langsung menyemprotkan asam borat ke kecoa, tetapi perlu diingat bahwa metode ini kurang efektif di lingkungan yang lembap.

Alternatifnya, taburkan bubuk asam borat ke sarang kecoa. Bubuk ini akan menempel pada antena, kaki, dan tubuh kecoa, menyebabkan kematian pada serangga tersebut. Pastikan untuk menjaga asam borat jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Campuran asam borat dan gula bubuk juga bisa digunakan. Gula menarik kecoa, sementara asam borat membunuh mereka. Taburkan campuran ini di area seperti bawah kulkas, kompor, mesin pencuci piring, serta di celah-celah di sekitar lemari dan dapur.

2.  Cairan Pelembut Pakaian
Cara ini sangat sederhana dan memerlukan sedikit usaha. Kamu bisa menggunakan semprotan pelembut kain yang dicampur dengan air untuk mengusir kecoa. Berikut bahan yang dibutuhkan:

  • Pelembut kain
  • Air
  • Botol semprotan

Campurkan pelembut kain dan air dengan perbandingan 3 bagian pelembut kain dan 2 bagian air. Masukkan campuran ini ke dalam botol semprotan. Semprotkan larutan ini ketika melihat kecoa.

Karena kecoa bernapas melalui kulit, semprotan pelembut kain ini akan menyumbat saluran pernapasan mereka dan membunuhnya. Metode ini bisa menjadi cara efektif untuk mengusir kecoa.

3.  Minyak Peppermint
Bukan Cuma sebagai bahan aromaterapi dan perawatan kulit, ternyata papermint juga efektif mengusir kecoa. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan minyak peppermint dengan air garam dalam wadah, lalu semprotkan campuran ini ke area yang terkena kecoa di rumah.

BACA JUGA:Cara Ampuh Membasmi Telur Kecoa di Dalam Rumah Tanpa Menimbulkan Bau Busuk

Kamu juga bisa menyemprotkan minyak peppermint atau lavender di sudut sudut rumah. Seperti lemari, laci dan di bawah Kasur. Selain manfaatnya dalam pengusiran serangga, minyak peppermint juga dapat memberikan efek relaksasi dan meningkatkan suasana hati lohh.

4.  Daun Catnip
Kalau kucing suka dengan daun catnip, lain halnya dengan kecoak, karena kecoak justru takut sama yang Namanya daun catnip. Mengutip dari Journal of Economic Entomology, minyak atsiri catnip yang mengandung nepetalactone dapat digunakan untuk mengusir kecoa.

Kamu bisa mencoba metode ini dengan mengisi kantong atau kain kecil dengan daun atau bubuk catnip, kemudian ikat ujungnya dengan rapat. Tempatkan kantong catnip di area yang sering dilewati kecoa atau dekat tempat persembunyian mereka.

2.    5.  Rutin Membersihkan Rumah
Satu satunya kuncii agar rumah tidak didatangi kecoak adalah dengan menjaga kebersihan rumah secara rutin. Jika rumah bersih, kecoak enggan datang dan berkembangbiak di dalamnya. Karena, Kecoa cenderung menyukai tempat yang kotor atau penuh dengan sampah.

    Pastikan untuk selalu mencuci dan mengeringkan piring setelah makan, serta membersihkan remah-remah dari meja makan. Buang sampah secara teratur sebelum tidur dan bersihkan kompor setelah digunakan.

    BACA JUGA:Terasa Ada yang Bergerak di Telinganya, Ternyata Ada Kecoak Hidup

    Segel makanan dalam wadah yang tertutup, bersihkan perabotan yang berdebu, dan lakukan pengepelan secara rutin. Perhatikan juga pintu dan jendela yang mungkin memiliki celah, dan segera perbaiki jika ada masalah untuk mencegah kecoa masuk ke rumah.

3.   4. Cairan Deterjen
Menggunakan cairan deterjen juga bisa menjadi cara efektif untuk mengusir kecoa. Deterjen mengandung senyawa seperti garam kalium dari asam lemak yang berfungsi sebagai insektisida. Caranya, campurkan 1–2 sendok makan deterjen ke dalam botol kosong dan tambahkan air hampir penuh. Kocok hingga merata, lalu semprotkan cairan tersebut di area yang sering dikunjungi kecoa atau langsung pada kecoa yang terlihat. Dengan metode ini, Kamu dapat mengatasi kecoa dengan cara yang praktis dan mudah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: