Takut dan Ragu, Ini Hal yang Harus dipersiapkan Jika Ingin Menggunakan Softlens Untuk Pemula

Takut dan Ragu, Ini Hal yang Harus dipersiapkan Jika Ingin Menggunakan Softlens Untuk Pemula

Takut dan Ragu, Ini Hal yang Harus dipersiapkan Jika Ingin Menggunakan Softlens Untuk Pemula --Alodokter

 

Menggunakan softlens (lensa kontak) untuk pertama kali bisa terasa menantang, tetapi dengan persiapan yang tepat, prosesnya akan lebih mudah dan aman. 

Tentunya penggunaan softlens dan kacamata sangatlah berbeda, baik dalam perawatan maupun dalam hal penggunaannya. Penggunaan softlens memerlukan perawatan yang lebih ekstra karena baik sebelum ataupun sesudah menggunakannya harus langsung dibersihkan dengan menggunakan cairan khusus softlens. Sedangkan penggunaan kacamata dalam kalian bersihkan menggunakan lap khusus dan dapat dilakukan ketika kacamata kalian terasa kotor saja.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan dan dipersiapkan jika ingin menggunakan softlens untuk pertama kali:

 

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Softlens

1. Konsultasi dengan Dokter Mata

Periksa Kesehatan Mata: Sebelum menggunakan softlens, sangat penting untuk menjalani pemeriksaan mata dengan dokter mata. Dokter akan memastikan mata kamu cocok untuk menggunakan lensa kontak dan menentukan jenis lensa kontak yang paling sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki.

Resep Lensa Kontak: Dokter akan memberikan resep khusus untuk lensa kontak yang berbeda dari resep kacamata, karena ukuran dan kebutuhan lensa kontak berbeda dengan kacamata.

Latihan Memakai dan Melepas Softlens: Dokter atau optometris biasanya akan memberikan panduan dan demonstrasi cara memasang dan melepas softlens dengan benar untuk pemula. Hal pertama yang harus diingat yaitu selalu memastikan tangan bersih sebelum mencopot atau memasang softlens.

2. Pilih Jenis Softlens yang Sesuai

Jenis Softlens: Ada beberapa jenis softlens yang bisa dipilih, seperti lensa kontak harian (sekali pakai), bulanan, atau mingguan. Pilih jenis yang paling sesuai dengan gaya hidup dan preferensi kamu.

Softlens Berwarna atau Transparan: kamu juga bisa memilih lensa kontak berwarna jika ingin mengubah warna mata, tetapi pastikan memilih yang tetap aman dan nyaman.

Material Softlens: Ada softlens berbahan silikon hidrogel yang lebih nyaman untuk pemakaian jangka panjang karena memberikan lebih banyak oksigen pada mata. Pilihlah softlens dengan material yang tipis sehingga akan membuat mata terasa nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: