Sandiaga Uno Nobatkan Karawang Role Model Kota Kreatif se-Indonesia

Sandiaga Uno Nobatkan Karawang Role Model Kota Kreatif se-Indonesia

Menparekraf RI Sandiaga Salahudin Uno resmi menyerahkan penghargaan kepada Kabupaten Karawang yang dinobatkan menjadi kabupaten/kota role model pengembangan subsector ekonomi kreatif se-Indonesia.--karawangbekasi.disway.id

KARAWANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno resmi menyerahkan penghargaan kepada Kabupaten KARAWANG yang dinobatkan menjadi kabupaten/kota role model pengembangan subsector ekonomi kreatif se-Indonesia.

Penyerahan penghargaan oleh Sandiaga diterima langsung oleh Asda 3 Pemkab Karawang, Eka Sanatha. Sandiaga menjelaskan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia merupakan program unggulan Kemenparekraf. Adapun tujuannya adalah untuk menggali, memanfaatkan, dan menumbuh kembangkan ekonomi kreatif unggulan daerah.

"Serta membangun kesadaran dan membangun komitmen seluruh pemangku kepentingan. Sehingga tercipta ekosistem pengembangan kabupaten kota kreatif yang kondusif tidak hanya untuk daerahnya itu sendiri tapi juga berkontribusi bagi pembangunan ekonomi kreatif nasional," ujarnya.

Keberhasilan Kabupaten Karawang meraih penghargaan ini tak lepas dari peran Bupati Karawang, Aep Syaepuloh. Selama menjabat menjadi bupati defenitif yang tak lebih dari delapan bulan terakhir, ia dinilai memiliki komitmen yang tinggi memajukan ekonomi kreatif di Karawang.

BACA JUGA:Perangi Peredaran Rokok Ilegal, Satpol PP Karawang dan KPPBE Berhasil Amankan Ratusan Ribu Rokok Ilegal

BACA JUGA:Polisi Tangkap 2 Pelaku Tawuran di Babelan yang Telan 1 Korban Jiwa

Sebulan yang lalu tepatnya pada bulan Agustus, saat Kabupaten Karawang menerima pengumaman akan diberikan penghargaan oleh Kemparekraf pada September ini, Dinas Parwiwisatan dan Kebidayaan Karawang menjelaskan, penghargaan yang akan didapatkan oleh Karawang merupakan penghargaan prestisius di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lantaran pemilihannya ketat dan indikator penilaiannya pun sangat banyak. 

Tak ayal dari lebih 500-an kabupaten/kota yang ikut mengajukan diri, hanya 6 kabupaten/kota se-Indonesa yang terpilih, salah satunya yakni Kabupaten Karawang.

Selain Karawang lima kabupaten/kota lain yang menerima pengharaan serupa adalah Kabupaten Buleleng dengan subsektor kriya, Kabupaten Garut dengan subsektor seni pertunjukan, Kabupaten Grobogan dengan subsektor kuliner, Kota Jakarta Selatan dengan subsektor seni rupa, dan Kota Yogyakarta dengan subsektor seni rupa.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang, Jaeni menuturkan, Karawang dinilai oleh Kemparekraf telah sukses menjalankan program kepariwisataan dan ekonomi kreatif dengan melibatkan unsur hexsahelix di sub sektor ekonomi kreatif bidang seni pertunjukan.

BACA JUGA:Lazisnu dan Perumda Tirta Bhagasasi Komit Tangani Kekeringan di Kabupaten Bekasi

BACA JUGA:Bappeda Karawang Komit Tingkatkan Kualitas Ajang Perioda, Inovasi yang Lahir Akan Dilindungi HAKI

“Awalnya yang iku lebih dari 500 kabupaten/kota, lalu disaring jadi 80 kabupaten/kota, lalu kembali disaring hingga hanya tingga 11 kabupaten/kota, yang masuk 11 besar diundang untuk paparan, dan alhamdulillah kita 1 dari 6 yang terpilih. Enam ini bukan peringkat 1 sampai 6 tapi sejajar dengan keunggulan masing-masing, dari 17 sub sektor ekonomi kreatif, kita terpilih di sebagai kota kreatif di sektor seni pertunjukan,” kata Jaeni.

Jaeni mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti komitmen Pemkab Karawang di masa pemerintaha Bupati Karawang Aep Syaepuloh memajukan sektor ekonomi kreatif yang melibatkan semua unsur baik dari pelaku ekonomi kreatif, seniman, budayawan, pelaku usaha atau swasta, cendikiawan, perguruan tinggi sampai media massa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: