Jadi Warisan Budaya, Bagaimanasih Asal Usul Batik dikenal di Indonesia?

Jadi Warisan Budaya, Bagaimanasih Asal Usul Batik dikenal di Indonesia?

Hari batik nasional--picture by news.detik.com

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Jangan ngaku warga Indonesia kalau kamu gak penah pakai batik. Batik jadi identitas bangsa Indonesia, Sejarah yang melegenda jadi karya abadi milik ibu pertiwi. Tapi tau gak sih kamu Sejarah dan asal muasal batik Indosia? Simak informasinya dibawah ini

Ketika mendengar istilah batik, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kain bercorak yang satu ini. Meskipun batik sudah dikenal sejak zaman nenek moyang, batik masih digunakan dan melegenda hingga saat ini. Sudah sepatutnya kita bangga dengan kain khas asal negeri. 

BACA JUGA:7 Jenis Ular yang Punya Motif Cantik Menawan, Salah satunya ada Sanca Batik

Siapa di antara kamu yang senang pakai batik ke mana-mana? Atau mungkin kalian punya puluhan setelah kain batik di lemari rumahmu. Pernahkah terlintas di pikiran kalian pertanyaan tentang “Bagaimana sih sejarah batik di Indonesia?”

 

Sejarah Batik Diperkenalkan di Indonesia

Usut punya usut, batik pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh Presiden Soeharto dalam sebuah konferensi PBB. Sejak saat itu, batik mulai dikenal dan dihargai sebagai karya seni yang memiliki nilai tinggi serta menjadi bagian dari budaya Indonesia. Saat ini, tren batik telah berkembang pesat. 

BACA JUGA:10 Motif Batik Paling Populer di Indonesia: Mega Mendung, Keraton, hingga Sidomukti

Jika dulu batik hanya dipakai oleh orang tua, kini hampir semua kalangan mengenakan batik. Kamu bisa mengenakan batik di segala kegiatan. Batik sudah tidak hanya dipakai pada acara-acara khusus, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Batik berkamuflase menjadi berbagai jenis pakaian siap pakai, untuk dikombinasikan menjadi beberapa jenis setelan. 

Sebagai warisan budaya Indonesia, sudah sepatutnya kita senagai anak bangsa untuk memahami sejarah batik itu sendiri. Dengan begitu, kita dapat lebih bangga dengan warisan budaya yang dimiliki. Mari kita bahas bersama mengenai sejarah batik di Indonesia!

Pengertian Kain Batik

Sebelum kita membahas lebih jauh sejarah batik di Indonesia, bagaimana jika kita mulai dengan pengertian batik terlebih dahulu? Batik adalah kerajinan kain yang dilukis dengan menggunakan cairan malam, yang menghasilkan beragam motif dengan nilai seni yang tinggi. Pola-pola yang dilukis pun memiliki karakteristik unik sesuai dengan daerah asalnya.

BACA JUGA:2 Oktober Diperingati Hari Batik Nasional: Warisan Budaya hingga Simbol Persatuan

Lalu, dari mana asal kata batik? Kata batik berasal dari kata “amba” yang berarti menulis, dan “nitik” yang berarti titik, yang dapat diartikan sebagai membuat titik atau gambar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: