Ini Lho Ciri Orang Narsistik dan Cara Mengatasinya!

Ini Lho Ciri Orang Narsistik dan Cara Mengatasinya!

Ini Lho Ciri Orang Narsistik dan Cara Mengatasinya!--

Orang narsistik merasa bahwa mereka layak mendapatkan hal-hal yang lebih baik tanpa perlu usaha yang sama seperti orang lain. Mereka cenderung menuntut sesuatu dan merasa bahwa mereka lebih penting dibandingkan orang lain.

6. Sulit Menerima Kritik

Mereka sangat sensitif terhadap kritik. Kritik atau umpan balik negatif biasanya dihadapi dengan kemarahan, pembelaan diri yang berlebihan, atau penghindaran.

7. Fantasi Kekuatan, Kesuksesan, atau Kecantikan

Mereka sering hidup dalam fantasi tentang kesuksesan besar, kekuasaan, kecerdasan luar biasa, atau kecantikan yang sempurna. Ini mencerminkan ego yang sangat besar dan keyakinan bahwa mereka tak tertandingi.

 

Cara Mengatasi Orang Narsistik

1. Jaga Batasan yang Jelas

Sangat penting untuk menetapkan batasan yang kuat ketika berurusan dengan orang narsistik. Jangan biarkan mereka memanfaatkan atau memanipulasi kamu. Tegaskan batasan kamu dengan tegas namun tenang, dan pastikan mereka memahaminya.

2. Jangan Terjebak dalam Permainan Mereka

Orang narsistik cenderung menggunakan manipulasi emosional untuk membuat orang lain merasa bersalah atau tidak aman. Jangan biarkan diri kamu terpancing oleh taktik mereka. Tetaplah rasional dan jangan memberikan mereka kepuasan dengan bereaksi berlebihan.

3. Berikan Kritik dengan Bijak

Karena orang narsistik sulit menerima kritik, berikan umpan balik dengan cara yang hati-hati. Gunakan pendekatan yang lebih diplomatis dan hindari serangan langsung. Fokus pada fakta dan bagaimana tindakan mereka memengaruhi situasi, bukan pada karakter pribadi mereka.

4. Jangan Berharap Perubahan Cepat

Narsisme adalah sifat yang sangat dalam, dan perubahan perilaku seringkali lambat atau tidak terjadi sama sekali tanpa bantuan profesional. Jangan berharap orang narsistik akan berubah secara signifikan hanya karena kamu memintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: