Pintar dan Berani, Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Di Sekolah Lewat 7 Cara ini.

Pintar dan Berani, Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Di Sekolah Lewat 7 Cara ini.

Anak Percaa diri--KlubWanita.com

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Bukan bakat alami sejak lahir, kepercayaan diri seorang anak perlu di pupuk dan dibentuk sedini mungkin. Sikap ini sangat penting dimiliki setiap orang, tanpa terkecuali anak anak. tumbuhnya rasa kepercayaan diri pada diri seorang anak, akan menciptakan banyak emosi baru yang positif. Misalnya sifat berani, inisiatif, Cekatan disiplin dan masih banayk lainnya. Punya banyak manfaat positif, sifat percaya diri harus ditanamkan sedini mungkin kepada anak.

BACA JUGA:Anak Saya Pemalu, Begini Cara Mengajarkan Anak Agar Bisa lebih Percaya Diri

 

Namun, menanamkan rasa kepercayaan diri kepada anak perlu waktu yang gak sebentar. Perlu waktu agar anak terbiasa dan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sifat ini sangat penting untuk mengimbangi sifat malu yang sering dialami anak anak. Seperti malu saat bertemu orang baru, malu saat berfoto sampai malu di depan umum.  Sifat malu tidak perlu dhilangkan, tapi perlu diimbangi dengan rasa percaya diri.

 

Keseimbangan 2 sifat tersebut mampu menjaga emosi anak untuk bekerja lebih stabil dalam menghadapi situasidi Sekolah. Lantas bagaimanasih cara memupuk sifat percaya diri dalam diri anak kecil. Buat para ibu yang masih penasaran, Simak informasinya dibawah ini ya!  

 

 

 

1. Beri Pujian Atas Segala Usahanya

 

Ketika anak tampak berusaha melakukan atau mencapai sesuatu, terlepas dari hasil akhirnya, cobalah untuk memberikan pujian atas upaya yang telah dia lakukan, Bun. Bunda perlu menghargai setiap usaha anak dalam mencapai tujuan. Tujuannya adalah agar anak terus termotivasi untuk berusaha mencapai apa yang diinginkan.

 

Walaupun hanya dengan kata-kata sederhana seperti "Pinter ya, Kakak!" atau "Semangat menggambarnya, Dek!", hal ini ternyata sudah dapat membangun harga diri dan menumbuhkan rasa percaya diri untuk melakukan hal lain di kemudian hari.

 

3. Fokus pada Kelebihan Anak

 

Ketika si Kecil merasa tidak memiliki kemampuan, ia dapat tumbuh menjadi anak yang kurang percaya diri. Oleh karena itu, Bunda perlu membantu mereka untuk fokus menemukan hal-hal yang mereka sukai. Ajaklah mereka untuk mencoba berbagai aktivitas baru, seperti ikut olahraga, les musik, belajar memasak, atau kegiatan lainnya.

BACA JUGA:Moms Wajib Tahu! Pertolongan Pertama Saat Anak Alami Kejang Demam

 

Untuk menemukan bakat yang mungkin tersembunyi. Dukungan dan pendampingan Bunda saat anak mengerjakan hobi barunya akan sangat membantu dalam meningkatkan rasa percaya diri dan perilaku mereka.

 

4. Ajak Anak Membayangkan Cita-Citanya

 

Jika anak mampu membayangkan diri mereka melakukan sesuatu yang penting atau diinginkan di masa depan, mereka akan merasa lebih percaya diri saat ini. Bunda bisa bercerita tentang cita-cita Bunda waktu kecil, bagaimana Bunda memilih dan mewujudkan karir, serta cara Bunda menggapai mimpi, untuk mendorong anak agar lebih optimis dan percaya diri.

 

Anak Bunda mungkin akan berbagi keinginannya untuk menjadi dokter, guru, penyanyi, atau bahkan astronot. Hal ini bisa memotivasi dan meningkatkan rasa percaya diri mereka di sekolah, karena mereka tahu apa yang ingin dicapai di masa depan. Meskipun nantinya anak berubah pikiran, setidaknya mereka sudah mulai memikirkan tujuan mereka, Bun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: