INDUSTRI parfum lokal sangat berpotensi untuk dikembangkan. Mengingat Indonesia telah menjadi salah satu pemasok bahan baku wewangian dari minyak atsiri (essential oil) untuk produk-produk parfum ternama di dunia. Melihat besarnya peluang tersebut, mahasiswa Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) mencoba peruntungan dalam perhelatan komunikasi “Happen in Communication 2021 (Happenic)â€yang diselenggarakan Universitas Negeri Surabaya, Kamis (30/9/2021) lalu. Mahasiswa tersebut yaitu Hannafatiha Rahmani, Ikbal Ramadhani Putra, dan Larasati Savitri. Ketiganya tergabung dalam tim bernama “Maroon 1/3†menciptakan proposal kampanye komunikasi untuk merek parfum lokal “HMNS Indonesiaâ€. Berdasarkan data yang dihimpun, tim Maroon 1/3 mengusung tema “Relish The Perfect Essence of The World’s Richest Spicesâ€dengan menjadikan Perancis sebagai target utamanya. Hal ini juga sejalan dengan rencana HMNS untuk mendunia. Selain menghasilkan proposal kampanye komunikasi, tim Maroon 1/3 juga merancang audio ads berdurasi 30 detik sebagai syarat output dari babak penyisihan. Tim menghasilkan iklan berbahasa Inggris yang memuat informasi seputar kampanye komunikasi berjudul “Relish The Perfect Essence of The World’s Richest Spicesâ€. Alhasil, mereka meraih kemenangan sebagai Juara I mata lomba Public Relations Competition (PION). Dalam kompetisi tersebut, tim Maroon 1/3 juga menerima masukan dan dukungan dari dosen, alumni, dan juga rekan mahasiswa lainnya. “Semoga kemenangan ini mampu menjadi pembelajaran dan motivasi bagi anggota tim Maroon 1/3 maupun mahasiswa Humas Fikom Unpad lainnya untuk terus mengasah ide kreatif insan muda nusantara,†kata Ikbal seperti dikutip dari laman Unpad, Kamis (7/10). (bbs/kbe/rc)
Mendunia, Bahan Baku Parfum Lokal Dongkrak Penjualan Produk Parfum di Dunia
Jumat 08-10-2021,11:30 WIB
Editor : redaksimetro01
Kategori :