Ayo Coba Wisat Gua di Indonesia, Asyik Untuk Dijelahi

Sabtu 03-06-2023,14:35 WIB
Editor : Rajomengiyan

Stalaktit dan stalakmit yang indah juga bisa kita lihat saat menyusuri gua dengan kedalaman 18 meter ini. 

BACA JUGA:Sopir Mengantuk, Terjadi Kecelakaan Tunggal di Tol Jagorawi KM 31 Bogor

4. Gua Gong 

Wisata gua di Indonesia berikutnya adalah Gua Gong, di Pacitan, Jawa Timur. Nama gua tersebut tercipta bukan tanpa alasan. Konon nama ini muncul karena ada suara seperti gong saat stalakmit dan stalagmit di gua dipukul. Saat melakukan susur gua, kalian juga bisa menikmati cahaya warna-warni yang berpendar di dalam gua ini. 

5. Gua Beloyot 

Terletak di Kampung Merabu, Berau, Kalimantan Timur, wisata Gua Beloyot konon sudah ada sejak 10.000 tahun silam. Di dalam gua ini, kalian bisa menemukan beberapa peninggalan prasejarah berupa lukisan manusia purba yang menceritakan aktivitas berburu, dan jiplakan tangan manusia purba. 

Untuk mencapai Gua Beloyot kalaian harus menyusuri hutan rimbun yang masih asri sejauh 5,5 km dari Kampung Merabu. 

BACA JUGA:Muhamadiyah Tetapkan Idul Adha Jatuh Rabu 28 Juni 2023

6. Gua Pangkep 

Berbeda halnya dengan wisata gua pada umumnya, Gua Pangkep menawarkan sekumpulan gua yang berdekatan. Wisata gua ini membentang dari Kabupaten Maros hingga Pangkep, tepatnya di kawasan Karst, Sulawesi Selatan. 

Dengan luas keseluruhan sekitar 43 hektare, yang terdiri dari 268 gua di dalamnya. Menariknya, 50 gua di antaranya termasuk gua prasejarah. Karena ditemukan bekas makanan manusia purba hingga lukisan kuno. 

7. Gua Batu Cermin 

Berlokasi di Labuan Bajo, tempat ini memiliki wisata gua yang menyimpan sejuta pesona, yakni Gua Batu Cermin. Gua ini seperti kolam yang terbentuk secara alami, akibat permukaan air laut yang surut. 

Tak heran kalau di dalam gua tersimpan beberapa fosil koral. Mulai dari penyu, kura-kura, dan berbagai jenis ikan. Saat susur gua, kalian akan menemukan stalaktit dan stalakmit yang masih sangat alami dan terjaga keindahannya. 

8. Gua Londa 

Kategori :