Pemkab Bekasi Melalui Disdukcapil Wujudkan Tranformasi Digital Adminduk, Nama Program nya 'Sabda Alam'

Rabu 27-12-2023,18:27 WIB
Reporter : Almu Jamil
Editor : Ilham Prayogi

BACA JUGA:Ohsama Sentai King-Ohger Episode 42 Subtitle Indonesia, Link Nonton dan Download Ada Disini, Cek Sekarang Yuk

"Mereka untuk transformasi digital ini sudah sangat siap sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk memberikan fasilitas, lalu kenapa harus ada prioritas, karna semua Dinas, semua Kecamatan butuh layanan itu." ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bekasi itu mengklaim pada tahun 2023 ini indeks kepuasan masyarakat terhadap kepatuhan pelayanan publik meningkat. 

Hal itu tercermin dari meningkatnya zona kuning ke zona hijau pada layanan administrasi kependudukan.

"Kita ada indeks kepuasan masyarakat, indeks kepatuhan pelayanan publik. Kita kan kemarin meningkat ya dari zona kuning ke zona hijau indeks kepatuhannya salahsatunya karna layanan administrasi pendudukan yg membaik," tukasnya .

BACA JUGA:Dead Mount Death Play Part 2 Episode 12 Tamat Subtitle Indonesia, Link Nonton Legal dan Gak Ribet

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi Carwinda menyampaikan program 'Sabda Alam' merupakan program tindak lanjut dari harapan pimpinan yakni Pj Bupati.

"Sebenarnya ini kan tindak lanjut tadi dari harapan pak PJ Bupati besok lusa 2024, masyarakat harus berubah, Memang hari ini kita sudah melakukan beberapa layanan yang sifatnya online dan kita waktu itu diantarkan oleh Kantor Pos," katanya.

Menurutnya, dilakukannya tranformasi digital ini mengingat pembiayaan dalam pembelian alat dan bahan untuk pelayanan KTP Elektronik anggarannya terbatas.

"Karena masuk pembiayaan nya dari APBD terbatas. kita sekarang membutuhkan uriborn yang lebih banyak, karena memang pemilih pemula. Jadi uang tersedot untuk pembelian alat dan bahan untuk pelayanan KTP Elektronik." imbuhnya.

BACA JUGA:Wonderhatch: Soratobu Ryu no Shima (2023) Episode 1 Subtitle Indonesia, Tenang Link Nonton Streaming Legal

Kendati begitu, kata Carwinda, lantaran pihaknya melihat di Kabupaten/Kota lain telah menerapkan tranformasi digital dalam pelayanan Adminduk, Hal tersebut juga diterapkan di Kabupaten Bekasi.

"Saya waktu jalan di beberapa tempat di Kabupaten/Kota lain, ternyata sudah menjalin hubungan dengan ojek online. Jadi masyarakat silahkan bisa memesan ojol, jadi masyarakat tinggal dirumah." kata dia.

"Pengalaman di tempat yang lain akan kita gunakan di sini (Kabupaten Bekasi-red). Masyarakat jika ingin di antar bisa memakai ojek online, Itu lebih efektif, karena dia bisa ketemu dimana saja, misalkan bisa digunakan diwarung, direstoraan, 'Tolong antarkan KTP saya di Kecamatan ini' itu bisa tersampaikan." tandasnya.(mil)

Kategori :