Mau Urus Paspor? Cek Jam Pelayanan Kantor Imigrasi Karawang Selama Ramadan

Kamis 14-03-2024,12:37 WIB
Reporter : Suhlan Pribadi
Editor : Suhlan Pribadi

Selain itu, Kantor Imigrasi Karawang juga bertugas dalam memberikan pelayanan terkait dengan kedatangan dan keberangkatan warga asing di wilayah Karawang. 

BACA JUGA:LB LIA Karawang Punya Metode Belajar Kekinian yang Siap Cetak Siswa-siswi Berprestasi & Jago Berbahasa Inggris

Ini termasuk proses pemeriksaan imigrasi bagi warga asing yang masuk ke Indonesia melalui pintu masuk yang terletak di Karawang, serta pengawasan terhadap tinggal dan aktivitas mereka di wilayah tersebut.

Sebagai bagian dari tugas pengawasannya, Kantor Imigrasi Karawang juga aktif melakukan pemantauan terhadap kegiatan-kegiatan yang melibatkan warga asing di Karawang. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mereka mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku selama tinggal di Indonesia serta tidak terlibat dalam kegiatan yang melanggar hukum.

Selain itu, Kantor Imigrasi Karawang juga berperan dalam penegakan hukum terkait dengan pelanggaran keimigrasian. 

BACA JUGA:Kasus Tipikor PJU Dishub, Kejari Karawang Buru Pemilik CV Triya Family

Mereka bekerja sama dengan berbagai instansi terkait seperti kepolisian dan kejaksaan dalam mengungkap dan menindak tindak pidana keimigrasian, seperti penyalahgunaan visa atau overstay.

Selain fungsi-fungsi tersebut, Kantor Imigrasi Karawang juga berperan penting dalam memberikan pelayanan dan bimbingan kepada masyarakat terkait dengan peraturan keimigrasian. 

Mereka memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada masyarakat tentang prosedur, syarat, dan ketentuan terkait dengan keimigrasian, sehingga memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajiban administratif mereka.

BACA JUGA:Merasa Dicurangi PPK Cikarang Barat, Lydia Fransisca Lapor ke Bawaslu

Dengan begitu, Kantor Imigrasi Karawang tidak hanya berfungsi sebagai lembaga administratif yang menyediakan layanan pemerintahan, tetapi juga sebagai lembaga yang memiliki peran strategis dalam menjaga kedaulatan negara, keamanan nasional, dan ketertiban umum di wilayah Karawang.

 Melalui berbagai kegiatan dan tugasnya, Kantor Imigrasi Karawang berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat serta menjaga integritas dan keamanan negara. **

Kategori :