Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangjat Ibadah Haji

Sabtu 25-05-2024,20:10 WIB
Reporter : Cindy Oktaviani
Editor : Cindy Oktaviani

Baca juga: Ini Dia Syarat-Syarat Berhaji, Sudah Siapkah?

 

Persiapan Fisik

1. Kesehatan

   - Melakukan pemeriksaan kesehatan lengkap. Mendapatkan vaksin yang diperlukan seperti vaksin meningitis dan influenza. Menjaga kesehatan tubuh dengan pola makan yang sehat serta olahraga yang teratur.

2. Kebugaran

   - Membiasakan berjalan kaki dan latihan fisik lainnya untuk meningkatkan stamina, mengingat rangkaian ibadah haji membutuhkan kondisi fisik yang prima. Perbanyak olahraga ringan di keseharian untuk membantu tubuh tetap bugar.

 

Persiapan Logistik dan Administratif

1. Dokumen

   - Memastikan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan dalam kondisi baik, seperti paspor, visa haji, tiket perjalanan, dan identitas lainnya. Persiapkan dari jauh-jauh hari bagi dokumen yang memerlukan waktu yang lumayan lama dalam proses pembuatannya. Sehingga ketika waktunya berangkat nanti tidak akan kerepotan.

2. Perlengkapan

   - Menyiapkan perlengkapan yang diperlukan selama di Tanah Suci, termasuk pakaian ihram, pakaian sehari-hari, obat-obatan pribadi, alas kaki yang nyaman, tas kecil, payung, dan peralatan mandi. Kalian dapat menambahkan pakaian pribadi yang dapat kalian gunakan ketika selesai melaksanakan ibadah haji. Selain itu kalian dapat membawa skincare ataupun makeup dan digunakan ketika selesai melaksanakan ibadah haji.

3. Keuangan

   - Menyiapkan biaya yang cukup untuk kebutuhan selama di Tanah Suci, termasuk uang saku. Sebaiknya membawa uang dalam mata uang lokal (Riyal Saudi) dan kartu ATM atau kredit untuk keperluan mendesak.

Kategori :