Keluarga Mahasiswa Pelajar Karawang Gelar Diskusi Publik Bersama Tokoh Akademisi, Tokoh Pemuda, dan Politisi

Sabtu 13-07-2024,22:27 WIB
Reporter : Siska
Editor : Ilham Prayogi

Menghadapi perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang 2024, ia berpesan siapapun Bupati terpilih nanti, harus bisa menjadi Bupati yang bertanggung jawab dan bisa memperhatikan keadaan masyarakat dengan baik.

"Kita bisa melihat, bahwasanya beberapa masyarakat kita sendiri saat ini secara tingkat indeks pembangunan belum merata. Kami ingin Bupati nanti bisa meningkatkan pembangunan di segala bidang," tegasnya.

BACA JUGA:Viral, Anak dari Pemilik Kucing Pororo Cici Chania Diduga Dianiaya oleh ART Sendiri, Dicubit Hingga Dipukul

BACA JUGA:Kode Redeem ML Hari Ini 13 Juli 2024, Banyak Hadiah Eksklusif, Ayo Buruan Sebelum Expired!

Sementara itu, tokoh akademisi Karawang Dr. Drs. Sonny Hersona GW, M.M., menyampaikan, mahasiswa memiliki lima kekuatan yang harus dilakukan dengan maksimal, diantaranya agent of change, guardian value, iron stock, moral force, dan social control. 

"Pertama, sebagai agent of change atau agen perubahan, yaitu perubahan dari kondisi hari ini ke depan menjadi lebih baik, banyak hal yang bisa dilakukan, paling tidak punya gagasan cerdas untuk mendukung pemerintahaan saat ini," ujarnya.

Kedua, kata dia, sebagai guardian value atau penjaga nilai-nilai baik yang sudah dijadikan menjadi landasan masyarakat untuk arah kemajuan menuju adil dan makmur.

"Yang ketiga sebagai iron stock atau cadangan kekuatan untuk menjaga nilai luhur bangsa, karena mahasiswa punya komunitas yang strategis dan keberadaanya harus mampu mensupport serta berpihak kepada rakyat," jelasnya.

BACA JUGA:The Garfield Movie 2024 Sub Indo, Petualangan Si Oyen Pemalas yang Bertemu Kembali dengan Ayahnya

BACA JUGA:Tensei Shitara Slime Datta Ken Season 3 (Tensura S3) Episode 15 sub Indo

Lebih lanjut, ia memaparkan, untuk kekuatan keempat, mahasiswa harus mempunyai moral force, sehingga mampu memberikan solusi terhadap persoalan yang terjadi di masyarakat.

"Mahasiswa harus menjadi contoh bahwa seseorang yang memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi juga memiliki nilai moral dan memiliki adab yang baik di tengah masyarakat," tuturnya.

Sedangkan yang kelima, mahasiswa sebagai social control atau kontrol sosial, mahasiswa berhak memiliki atau melakukan kontrol kepada hal yang bertentangan dengan nilai keadilan yang seharusnya diterima oleh masyarakat.

"Peran mahasiswa sebagai kontrol sosial sangat penting. Mahasiswa harus punya keberanian untuk mengkritik dalam proses pemerintahan dan pemerintah juga harus transparan," tegasnya.

BACA JUGA:Nonton 2.5-jigen no Ririsa (2.5 Dimensional Seduction) episode 2 Sub Indo

Kategori :