Ingin Skripsi Cepat Kelar, Ikuti Tips Ini Dijamin Beres!

Rabu 24-07-2024,05:52 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

 

Menyelesaikan skripsi dengan cepat dan efisien membutuhkan perencanaan dan kedisiplinan. Tentu, hal tersebut tidak akan semudah dengan apa yang dikatakan. Moment atau fase skripsi menjadi salah satu fase yang ditakuti oleh beberapa mahasiswa tingkat akhir. Selain menjadi syarat kelulusan, perjuangan menyelesaikan skripsi juga terkadang mengalami banyak sekali kendala. Mulai dari masalah eksternal seperti dosen pembimbing yang sulit ditemui, revisian yang sulit mendapatkan acc dari dosen penguji, juga masalah internal baik di keluarga maupun dari diri sendiri seperti jatuh sakit.

Fase mengerjakan skripsi akan cepat selesai jika kalian melakukan beberapa hal ini, salah satunya yaitu rajin. Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

1. Buat Rencana yang Jelas: 

Buatlah jadwal kerja dengan target mingguan atau bulanan sebagai targetan kamu dalam penyelesaian skripsi yang sedang dikerjakan.

Pisahkan tugas besar menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah dikelola. Hal ini nantinya dapat membuat kamu semakin mudah untuk menyelesaikan satu persatu permasalah dalam penyusunan skripsi.

2. Tetapkan Prioritas: 

Fokus pada bagian-bagian yang paling penting atau yang membutuhkan waktu paling banyak. Hal ini karena dengan kita memfokuskan diri terhadap sesuatu, maka hal tersebut akan dengan mudah kita dalatkan.

Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk detail yang tidak terlalu penting di awal. Biasanya, ketika sedang belajar atau melakukan sesuatu, gangguan itu selalu muncul. Kalian dapat memfokuskan diri ketika sedang mengerjakan prioritas kalian dengan menjauhkan benda-benda yang bisa mengganggu fokus kalian.

3. Tentukan Topik yang Tepat: 

Pilih topik yang sesuai dengan minat dan keahlianmu serta memiliki cukup referensi. Dengan memilih topik yang sesuai dengan minta diri sendiri akan memudahkan kita dalam menyelesaikan skripsi yang sedang dikerjakan.

Pastikan topik tersebut realistis dan dapat diselesaikan dalam waktu yang tersedia.

 

Baca juga: Tidak Kalah Penting, Ini Lho Manfaat Biji Labu Siam Yang Bisa Jadi Sumber Protein

Kategori :