Tips menghilangkan gugup ketika akan sidang skripsi

Rabu 24-07-2024,06:08 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

 

Sidang skripsi merupakan sidang akhir bagi para mahasiswa yang telah menempuh pendidikan selama 3 sampai 4 tahun lamanya berkuliah. Skripsi biasanya menjadi syarat akhir untuk para mahasiswa lulus.

Berikut beberapa tips untuk menghilangkan rasa gugup saat akan sidang skripsi:

1. Persiapan Matang: Pastikan kamu sudah sangat memahami materi skripsimu. Semakin siap kamu, semakin percaya diri kamu ketika menyampaikan materi presentasi nanti.

2. Latihan Presentasi: Berlatih presentasi secara rutin di depan teman, keluarga, atau bahkan di depan cermin. Minta umpan balik untuk perbaikan.

3. Simulasi Sidang: Cobalah lakukan simulasi sidang dengan teman atau mentor yang dapat memberikan pertanyaan seperti penguji. Hal ini dapat melatih diri supaya ketika mendapat pertanyaan langsung dari dosen penguji kalian dapat menjawabnya dengan lugas.

4. Pikiran Positif: Fokus pada hal-hal positif dan bayangkan dirimu berhasil melewati sidang dengan baik. Selalu berikan afirmasi positif kepada diri kalian sendiri ketika akan sidang skripsi. Hal ini akan sangat membantu diri kalian untuk menjadi lebih percaya diri dan semangat.

 

Baca juga: Hal yang harus dipersiapkan jika akan sidang skripsi

 

5. Teknik Relaksasi: Gunakan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga sebelum sidang untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Ketika rasa gugup kembali menyerang, kalian dapat menetralisirnya dengan mengambil nafas panjang dengan teknik 4-7-8.

6. Istirahat Cukup: Pastikan kamu cukup tidur malam sebelum sidang agar tubuh dan pikiran segar. Biasakan untuk tidur 8 jam perhari. Beristirahat yang cukup akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Sehingga ketika sidang nanti badan akan lebih siap dan ketika menjalani sidangpun akan lancar.

7. Atur Waktu: Datang lebih awal ke lokasi sidang untuk menghindari stres akibat keterlambatan. Usahakan untuk dapat hadir 30 menit sebelum sidang di mulai. Sebelum sidang juga jangan lupa untuk sarapan.

8. Kenali Penguji: Jika memungkinkan, cari tahu gaya dan karakteristik penguji agar kamu bisa lebih siap menghadapi mereka. Kalian dapat menanyakannya kepada para kakak tingkat di perkuliahan kalian.

Kategori :