Cara Mengobati Biduran Lewat Resep Dokter dan Pengobatan Mandiri Dirumah

Minggu 25-08-2024,22:44 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

 

2 .    Penanganan Mandiri di Rumah

 

Untuk mengatasi gejala biduran dan mencegah kambuh, pasien dapat mencoba beberapa langkah berikut:

 

  • Mandi Air Dingin

Salah satu cara untuk mengatasi biduran adalah mandi dengan air dingin, yang dapat membantu meredakan gatal pada kulit. Namun, hindari menggunakan air yang terlalu dingin karena dapat memicu produksi adrenalin dan memperburuk kondisi biduran. Pilihlah suhu air yang sejuk, tetapi tidak sampai menyebabkan kedinginan.

  • Kompres Dingin

Untuk mengurangi rasa gatal dan bentol, gunakan kompres dingin pada area kulit yang terkena biduran. Bungkus es batu dengan handuk lembut dan kompres area tersebut beberapa kali sehari. Namun, metode ini tidak dianjurkan jika biduran disebabkan oleh paparan udara dingin.

  • Konsumsi Suplemen

Biduran yang gatal dan mengganggu dapat diredakan dengan mengonsumsi suplemen. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C, B12, dan D dapat membantu mengatasi biduran. Suplemen minyak ikan juga bisa bermanfaat, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi efeknya.

  • Jangan digaruk

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan orang ketika sedang biduran adalah menggaruknya terus-menerus. Semakin digaruk, sebenarnya biduran akan semakin melebar. Selain itu, menggaruk berlebihan juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit

  • Jaga suhu tubuh

 

Untuk mengobati biduran secara alami, jagalah agar suhu tubuh dan lingkunganmu tetap sejuk.  Kondisi panas dapat membuat sensasi gatal bertambah parah. Hindari paparan sinar matahari langsung, berteduhlah di tempat yang nyaman. Moms bisa menggunakan air conditioner (AC) untuk membantu menyejukkan suhu lingkungan. 

 

 

 

 

Kategori :