Tips Supaya Bisa Menikah dengan Orang Luar Negeri dan Hal yang harus Kamu Persiapkan!

Selasa 17-09-2024,07:37 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

 

4. Jangan Lupakan Legalitas dan Administrasi

Menikah dengan orang asing sering kali melibatkan prosedur hukum yang berbeda di kedua negara. Pastikan kamu paham tentang hukum perkawinan internasional, visa, izin tinggal, dan hal-hal terkait lainnya.

5. Komunikasi yang Terbuka dan Konsisten

 Komunikasi adalah kunci untuk semua hubungan, terutama hubungan jarak jauh atau antar negara. Gunakan teknologi seperti video call, pesan teks, dan media sosial untuk tetap terhubung, dan selalu terbuka tentang perasaan dan harapanmu.

6. Siap Beradaptasi

Kehidupan bersama pasangan asing mungkin melibatkan adaptasi besar, seperti pindah ke negara lain, menyesuaikan dengan makanan, adat istiadat, atau bahkan cara berpikir yang berbeda. Kesediaan untuk beradaptasi sangat penting dalam membangun kehidupan bersama yang harmonis.

7. Diskusikan Rencana Masa Depan Sejak Awal

Penting untuk mendiskusikan sejak dini di mana kalian akan tinggal setelah menikah, apakah kamu siap pindah ke negaranya atau sebaliknya, bagaimana pengaturan pekerjaan, dan cara mendidik anak (jika ada). 

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan

1. Dokumen Resmi

- Paspor: Pastikan paspor kamu berlaku jika kamu harus bepergian ke luar negeri untuk menikah.

- Surat Keterangan Belum Menikah: Banyak negara memerlukan dokumen ini untuk memastikan bahwa kamu secara legal bebas untuk menikah.

- Akte Kelahiran dan Dokumen Identitas: Kamu mungkin perlu menyediakan dokumen resmi seperti akte kelahiran yang telah diterjemahkan dan dilegalisir.

- Dokumen Hukum Negara Asal: Beberapa negara mungkin memerlukan persetujuan atau surat dari kedutaan besar atau konsulat negara asal terkait perkawinan lintas negara.

Kategori :