Tim PKM Unsika Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Paving Block dengan Campuran Sampah Plastik

Minggu 22-09-2024,21:24 WIB
Reporter : Redaksi
Editor : Ilham Prayogi

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), bekerja sama dengan Posyantek 28 Alamanda Kota Bekasi, mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan paving block dari sampah plastik, di kantor Posyantek 28 Alamanda Kota Bekasi, Sabtu (21/9).

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan pengelolaan sampah dan mendukung keberlanjutan lingkungan, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat tentang cara memanfaatkan sampah plastik sebagai bahan pembuatan paving block.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam pengelolaan sampah, mengurangi limbah plastik, serta mendapatkan manfaat ekonomi dari pemanfaatan sampah plastik. 

BACA JUGA:Pemdes Sukadami Gelar Musdes RPJMDes, Dua Tahun Kedepan Fokus Pembangunan SDM

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Jawa Barat Minggu 22 September 2024: Wilayah Karawang, Bekasi dan Purwakarta Cerah

Kegiatan terselenggara melalui hibah pengabdian pada masyarakat dengan Skema Pemberdayaan kemitraan masyarakat dan didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabadian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu pemaparan materi dan praktik pembuatan paving block. Kegiatan diawali sambutan dari RW 28, Ir. Soeharto, B.Sc. Dalam sambutannya ia menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas inisiasi kegiatan pengabdian masyarakat.

"Saya berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan terutama dalam hal penanganan sampah plastik yang kian hari kian bertambah," ujar Ir. Soeharto.

Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan informasi tentang bahan-bahan penyusun paving block, proporsi campuran yang tepat, serta teknik pembuatan dan perawatan paving block.

BACA JUGA:Selesai Olahraga Pagi, 4 Orang Tewas Tertabrak KA saat Menyebrang Perlintasan Rel

BACA JUGA:Tsue to Tsurugi no Wistoria (Wistoria Wand and Sword) Episode 11: Jadwal dan Tempat Streaming

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya Posyantek 28 Alamanda untuk memberdayakan masyarakat dalam mengelola sampah dan menciptakan solusi berkelanjutan untuk lingkungan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan peserta dalam pembuatan paving block serta memberikan kontribusi positif terhadap pengurangan sampah plastik di Kota Bekasi. (red)

Kategori :