Jadi Warisan Budaya, Bagaimanasih Asal Usul Batik dikenal di Indonesia?

Rabu 02-10-2024,21:40 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

 

Awal Mula Batik Masuk ke Indonesia

Punya motif asli Nusantara, apakah batik asli berasal dari Indonesia? Asal-usul batik sebenarnya masih belum jelas dari mana asalnya. G.P Rouffaer berpendapat bahwa batik berasal dari India atau Sri Lanka pada abad ke-6 atau ke-7. 

Di sisi lain, J.L.A. Brandes, seorang arkeolog asal Belanda, menyatakan bahwa batik bukan berasal dari India, melainkan dari Indonesia. Selain Brandes adapula Sutjipto, seorang arkeolog Indonesia, mengemukakan bahwa batik adalah tradisi asli dari daerah Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua. 

BACA JUGA:Peringati Hari Batik Nasional, Wahyu Mijaya: Indonesia Memiliki Warisan Budaya Yang Luar Biasa

Masing masing tokoh punya pandangan yang berbeda atas asal usul adanya batik. Jadi, dari mana sebenarnya batik berasal? Mari kita bahas satu per satu!

Perlu digaris bawahi jika motif batik tidak hanya terdapat pada kain saja. Motif tersebut juga ditemukan pada relief-relief di Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Sehingga, bisa dikatakan bahwa batik sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak zaman dahulu dan tidak berasal dari India. Meski demikian, asal muasal keberadaan batik di Indonesia masih menjadi misteri hingga saat ini.

 

Kategori :