Semarak Perayaan HUT TNI ke 67 Tahun di Monas, Bisa Liburan Sambil Nonton Artis Idola

Jumat 04-10-2024,19:31 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Tentara Nasional Indonesia (TNI) layaknya pilar yang menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Sebagai bentuk penghormatan dan wujud rasa Syukur atas jasa dan pengrobananya. Hari ulang tahun (HUT) TNI diperingati setiap tahunnya. Adapunn HUT ke-79 jatuh pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Bukan hanya sebagai wujud rasa Syukur atas pencapaian yang teah diraih demi menjaga NKRI. HUT TNI juga digunakan sebagai pengingat bagi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya peran TNI dalam menjaga kemerdekaan dan stabilitas negara.

BACA JUGA:20 Contoh Ucapan Selamat Hari Guru Sedunia yang Menyentuh Hati

Tentara Indonesia dulunya tidak disebut sebagai TNI, melainkan (BKR) atau Badan Keamanan Rakyat. BKR dibentuk pada tanggal 22 Agustus 1945, yang kemudian diresmikan oleh Presiden Sukarno satu hari setelahnya.

Pembentukan BKR sebetulnya sudah lama direncanakan oleh para pemimpin golongan muda. Pada tanggal 19 Agustus 1945 mereka memberikan usul untuk membentuk tentara Indonesia sebagai bagian dari kelengkapan negara merdeka sekaligus mengantisipasi ancaman dari Jepang.

Seiring dengan perkembangan fungsinya, BKR mengalami beberapa perubahan nama hingga akhirnya dikenal sebagai TNI.

Mengapa HUT TNI Dilaksanakan pada 5 Oktober?

Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) diperingati setiap tanggal 5 Oktober karena tanggal ini memiliki makna yang sangat penting dalam sejarah pertahanan Indonesia. Perubahan nama dari Badan Keamanan Rakyat (BKR) menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) kemudian jadi Tentara Republik Indonesia (TRI) sampai dengan menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI)

BACA JUGA:Ini Lho Ciri Orang Narsistik dan Cara Mengatasinya!

Perubahan nama dari Badan Keamanan Rakyat (BKR) menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) kemudian menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) sampai menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Peringatan ini juga menjadi momen yang tepat untuk merenungkan sejarah perjuangan serta pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pejuang demi meraih kemerdekaan dan menjaga integritas bangsa.

Tema HUT TNI Tahun Ini

Pada tahun ini, peringatan HUT ke-79 TNI mengusung tema "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawasi Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju". Tema ini menekankan peran penting TNI dalam mendukung transisi kepemimpinan serta menjaga stabilitas negara agar tetap terjaga.

Perayaan HUT TNI 2024

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman resmi, Disajikan berbaga macam acara menarik dan menghibur dalam rangkaian perayaan HUT ke-79 TNI. Acara tersebut mencakup pameran alat utama sistem senjata (alutsista), demonstrasi drone theatrical, terjun payung, pertunjukan aerobatik, serta demonstrasi bela diri.

Kategori :