Cagub Jabar Ahmad Syaikhu: Makanan Bergizi dan Telur ASIH untuk Atasi Stunting

Rabu 09-10-2024,22:02 WIB
Editor : Ilham Prayogi

BANDUNG, KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Terik matahari tak menyurutkan langkah Ahmad Syaikhu untuk menyapa warga Kampung Cibolang, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/10/2024).

Kehadiran Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 3 itu mengundang kehebohan warga di sana. Warga pun berbondong-bondong ingin melihat lebih dekat sosok calon pemimpin mereka.

Dengan mengenakan kemeja putih dan peci hitam, Cagub Jabar yang juga akrab disapa Kang Ustad Ahmad Syaikhu itu lantas menyusuri gang sempit di kawasan padat penduduk itu.

Tak sekadar menyapa, Syaikhu juga berkesempatan menyambangi sejumlah rumah warga sambil membagikan telur sebagai wujud program Telur ASIH. Program ini bertujuan untuk menekan permasalahan stunting di Jabar. 

BACA JUGA:Waket DPRD Minta Penyusunan APBD Jabar Harus Transparan

BACA JUGA:Bertemu Pimpinan Ponpes se-Jabar, Cagub Ahmad Syaikhu Ungkap Peran Penting Pemerintah untuk Pesantren

Bukan tanpa alasan Syaikhu membagikan telur di permukiman padat itu. Pasalnya, Kampung Cibolang menjadi wilayah dengan angka stunting yang cukup tinggi yakni 27 persen. 

"Artinya hampir 1 di antara 3 bayi mengalami stunting atau kurang gizi kalaupun tidak stunting," ungkap Syaikhu.

Beruntung, lanjut Syaikhu, warga di sana telah mendapatkan bantuan makanan sehat dan bergizi dari pemerintah setempat. Terbukti, bayi-bayi yang dilihatnya sudah mengalami pertumbuhan sesuai dengan usianya. 

Lebih lanjut Syaikhu mengatakan, stunting terjadi akibat kurangnya asupan gizi yang dikonsumsi para ibu hamil. Menurutnya, kurangnya asupan gizi bisa disebabkan oleh dua faktor. 

BACA JUGA:Bea Cukai Bekasi Musnahkan 5 Juta Batang Rokok Ilegal dan BKC Ilegal Lainnya Senilai Rp7 Miliar Lebih

BACA JUGA:Wujud Komitmen Elektrifikasi, AHM Luncurkan 2 Motor Listrik Baru di Dunia, Honda ICON e: dan CUV e:

Pertama, berkaitan dengan keterbatasan ekonomi. Faktor lainnya, yakni para orang tua yang tidak memahami dalam memberikan asupan gizi kepada sang anak. 

Oleh karenanya, Syaikhu mengingatkan pentingnya edukasi kepada masyarakat karena stunting dapat berdampak pada kesehatan dan perkembangan anak.

Kategori :