H. Budiwanto ajak Lestarikan Hutan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Barat

Senin 14-10-2024,19:15 WIB
Reporter : Siska
Editor : Ilham Prayogi

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Disampaikan saat rapat dengar pendapat komisi 2 DPRD Provinsi Jawa Barat dengan dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat bertempat di UPTD Sertifikasi Pembenihan Tanaman Hutan Jatinangor. Tanggal 14 Oktober 2024 jam 10.00.

Anggota DPRD Jawa Barat dari Komisi 2, H. Budiwanto, S.Si., MM., menegaskan pentingnya pelestarian hutan di Jawa Barat termasuk hutan masyarakat di luar Perhutani, sebagai bagian dari upaya mencapai kesejahteraan masyarakat. Dalam pertemuan dengan Dinas Kehutanan, H. Budiwanto menekankan bahwa menjaga kelestarian hutan merupakan kunci untuk menjaga keseimbangan ekosistem sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan.

"Kehutanan adalah sektor strategis di Jawa Barat dimana Kawasan Hutan mencapai 21% dari luas wilayah Jawa Barat. Hutan tidak hanya berperan sebagai paru-paru dunia menyerap Karbon Dioksida (CO2) , tetapi juga menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Pelestarian hutan yang berkelanjutan harus menjadi prioritas, karena dengan hutan yang sehat, kita bisa mendorong ekonomi lokal, menjaga ketersediaan air, dan mencegah bencana seperti banjir dan longsor," ujar Budiwanto.

Budiwanto yang mewakili Dapil Jabar X (Karawang-Purwakarta) juga menyoroti pentingnya program Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, dengan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan hutan, tidak hanya lingkungan yang terjaga, tetapi juga perekonomian masyarakat setempat bisa lebih sejahtera.

BACA JUGA:Ribuan Unit Kendaraan Manfaatkan Program Pemutihan Pajak di Samsat Karawang

BACA JUGA:Ahli Waris Tenaga Kerja Kopkar KIA Karawang Dapat Santunan Rp207 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan

"Kita harus memberdayakan masyarakat melalui program-program seperti kehutanan sosial dan reboisasi. Dengan memberikan akses pengelolaan hutan kepada masyarakat, kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru sekaligus melindungi kawasan hutan dari eksploitasi berlebihan," lanjutnya.

Ia juga mendorong Pemprov Jawa Barat dan Dinas Kehutanan untuk mempercepat program rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) serta meningkatkan pengawasan terhadap perambahan liar. Budiwanto berharap, kolaborasi yang kuat antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dapat mewujudkan hutan Jawa Barat yang lestari dan berkelanjutan, sekaligus menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat di daerah pedesaan.

"Visi kami jelas: hutan Jawa Barat harus lestari, dan masyarakat Jawa Barat harus sejahtera. Ini adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, dan kita harus bekerja bersama untuk mencapainya," tutup Budiwanto.

BACA JUGA:Sekretariat DPRD Jabar Terima Kunker dari DPRD Banten: Bahas Tugas dan Fungsi Komisi II

BACA JUGA:Gelar Dialog Publik, PMII Kabupaten Bekasi Apresiasi Kehadiran Dani Ramdan

Dengan dukungan penuh dari legislatif, diharapkan Jawa Barat bisa menjadi contoh dalam pelestarian hutan yang sukses sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat lokal.

Kategori :