5 Kuliner Khas Nusantara yang Pernah Diakui Oleh Malaysia, Ada Ketupat Sampai Rendang

Senin 21-10-2024,11:35 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

 

Sebagai hidangan daging khas Sumatera Barat yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan kelapa kental, juga pernah diklaim oleh Malaysia. Kelezatan rendang bahkan diakui secara internasional, masuk dalam daftar makanan paling lezat di dunia.

4. Ketupat

 

Buat kamu yang suka nonton Upin dan Ipin pasti sadar dengan budaya Indonesia yang sempat ditayangkan dalam serian karut Malaysia yang berjudul Upin Ipin.

 

Dalam sebuah segemen di hari Raya Idul Fitri. Upin dan Ipin diminta kakanya untuk membuat ketupat. Mereka memasak dan memakan Ketupat untuk memperingati hari kebesaran layaknya saat idul fitri di Indonesia.

 

Pengakuan sepihak ini bermula saat developer game online menyiapkan item special saat hari idul fiti berupa ketupak. Sayangnya gambar tersebut bocor lewat Instagram dan mendapat banyak kecaman dari warganet.

BACA JUGA:What Comes After Love Episode 6 Kapan Tayang? Berikut Tanggal Rilis, Tempat Nonton dan Spoiler

 

Pasalnya, Perusahaan game online tersebut menyebutkan gamabr ketupat sebagai beras ketan Malaysia. Lantas kejadian ini menimbulkan banyak kecaman sejumlah warganet. Mengutip dari komentar instagramnya sejumlah pengikut tidak terima jika ketupat diklaim sebagai milik Malaysia.

5. Sate

 

Sate atau satai adalah makanan khas asli Indonesia berbahan dasar daging hewan yang dipotong kecil, dibumbui, ditusuk pada sebilah bambu lalu dibakar sampai cokelat keemasan kemudian dinikmati bersama saus kacang dan karbohidrat tambahan seperti lontong atau nasi sebagai pelengkap.

 

Rupanya makanan yang satu ini juga sempat diklaim oleh Malaysia loh. Mengutip dari halaman promosi travel perjalanan Malaysia. Website tersebut sempat mengakui jika Sate merupakan makanan asli Malaysia.

 

Kategori :