Cegah Kekerasan Terhadap Jurnalis, 50 Wartawan di Karawang Ikuti Lokakarya KEJ

Cegah Kekerasan Terhadap Jurnalis, 50 Wartawan di Karawang Ikuti Lokakarya KEJ

GM karawangbekasi.disway.id Suhlah Pribadi menerima penghargaan sebagai salah satu pemateri dalam lokakarya KEJ yang digelar PWI dan SMS Karawang, Jumat (4/11/2022) --Rul

KARAWANG - 50 Wartawan bertugas di wilayah Karawang, Jawa Barat, mengikuti kegiatan Lokakarya Kode Etik Jurnalistik (KEJ) di Front One Akshaya Hotel Karawang, pada Jumat (4/11/2022).

Lokakarya KEJ  tersebut digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karawang bersama SMSI  didukung Pemerintah setempat dengan mengusung tema Perlindungan Hukum dan Penegakan Kode Etik Jurnalistik.

Pemateri lokakarya KEJ Suhlah Pribadi selaku GM karawangbekasi.disway.id bersama Sekretaris Dewan Kehormatan (DK) PWI Jabar M. Syafrin Zaini, Anggota DK PWI Jabar Suherlan dan Wakil Ketua Bidang Advokasi PWI Jabar Dian Suryana.

BACA JUGA:Miris, Program PTSL di Jatimurni Diduga Jadi Bancakan Oknum ASN

Ketua Pelaksana Lokakarya KEJ bagi wartawan di Karawang Cikwan Suwandi menyampaikan kegiatan terlaksana kolaborasi antara Pemkab Karawang dengan para media, khususnya PWI dan SMSI Karawang.

"Ini saling mengingatkan kita dalam profesi wartawan tentang kode etik jurnalistik dan juga perlindungan hukum,” katanya.

Sehingga selain menghadirkan narasumber kompeten juga mendapat wejangan dari para senior seperti Ketua Dewan Kehormatan PWI Jabar, Oland PH Sibarani, Ketua PWI Karawang Aep Saepulloh, Ketua SMSI Karawang Nurdin Pelez, dan Ketua IJTI Purwasuka Rudi Setiawan.

BACA JUGA:Pelapor Dugaan Pungli PTSL Dikabarkan Telah Cabut Laporan, Tapi Penyidikan Terus Berlanjut

Dalam arahan Ketua BK PWI Jawa Barat, Oland PH Sibarani, mengungkapkan kekerasan wartawan tidak terjadi jika dalam menjelankan profesinya menerapkan kode etik jurnalistik.

Menurutnya kuncinya dalam menjalankan profesi jurnalistik hanya berpegang pada kode etik dengan baik dan menyeluruh tidak perlu ada perlindungan hukum.

“Supaya tidak terjadi perlu ada pencegahan. Kita cobalah mulai belajar, cobalah lagi dipelajari minimal 5 menit tiap harinya. Karena kita belajar KEJ itu pas UKW saja setelah lewat UKW itu dilepas,” sebutnya.

Ketua PWI Karawang, Aep Saepulloh mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mengingatkan kembali tentang kode etik jurnalistik.

BACA JUGA:Begini Cara Setting TV Digital Tanpa Set Top Box, Lakukan dengan Sabar dan Teliti...

Menurutnya kekerasan terhadap wartawan di wilayah Karawang cukup banyak. Hal itu pun menimbulkan pertanyaan kenapa?.

"Apakah saat bekerja wartawan Karawang sudah menjalankan kode etik jurnalistik belum. Sehingga melalui lokakarya ini diingatkan pentingnya KEJ, " tegasnya.

BACA JUGA:Hemat Bahaya

Hal itu lanjut dia sebagai upaya bersama meminimalisir terjadinya kekerasan terhadap wartawan. Lokakarya KEJ juga sebagai ajang introspeksi diri dalam menjalankan kaidah jurnalistik di lapangan.

Lokakarya KEJ yang dilaksanakan oleh PWI dan SMS tersebut dibuka langsung boleh Sekretaris Daerah Karawang, Acep Jamhuri, dan turut dihadiri Dandim 0604 Karawang Letkol Kav Makhdum Habibirahman.(rul) 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: