Hari Pertama, Bungkus Tiga Emas Sekaligus, Ternyata Atlet Kurash Kabupaten Bekasi Ini Baru Main

Hari Pertama, Bungkus Tiga Emas Sekaligus, Ternyata Atlet Kurash Kabupaten Bekasi Ini Baru Main

--

Karawangbekasi.disway.id, SUBANG - Atlet cabor kurash Kabupaten Bekasi mampu menorehkan sepuluh medali pada pertandingan perdana Porprov Jabar XIV 2022 di Tennis Indoor Neilendra Hotel, Kabupaten SUBANG, Jumat (11/11).
 
Tiga medali emas didapatkan Aksal M Junuar di kelas 60kg, Hendi Ahdiat di kelas 66kg dan Ryan Ramadhan di kelas 73kg.
 
Lalu, lima medali perak disumbangkan oleh Nurdiansyah di kelas 60kg, Zakril Anaalak Badila di kelas 66kg, Febry M Farhan di kelas -73kg, Galuh Estuwilujeng di kelas -48kg dan Poni Trikurniati di kelas +57kg.
 
Sementara dua medali perunggu diperoleh dari Siti Ramdini di kelas -48kg dan dan Yessi Agia Nursifah di kelas -57kg.
 
Usai pengalungan medali, atlet Kurash Aksal menyatakan rasa syukur lantaran bisa meraih medali emas untuk kontingennya. Apalagi dirinya baru pertama kali berlaga di cabor ini.
 
"Saya baru main di cabang olahraga ini, baru pertama kalinya di awal Porprov ini," tegas dia.
 
Meski sempat kebingungan mempelajari cabor ini, Aksal yang mendapat bimbingan pelatih dan pihak dari KONI Kabupaten Bekasi, akhirnya bisa meraih prestasi yang gemilang.
 
"Ya seperti apa cara memainkannya dan apakah ada teknik-teknik terbaru apa tidak di dalam cabor ini," bilang dia.
 
Sementara itu, Bapak Angkat Cabor Kurash Kabupaten Bekasi, Prananto Sukodjatmoko pun secara khusus mengapresiasi prestasi yang sudah dicapai atlet kurash. 
 
"Terima kasih untuk doa dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Bekasi kepada para atlet kami yang berjuang untuk mengharumkan nama Kabupaten Bekasi di Porprov 2022 ini," imbuh dia.
 
Direktur BBWM ini juga merasa bangga karena atlet kurash menyumbangkan tiga medali emas sekaligus, serta mendapat lima perak dan dua perunggu di pertandingan perdana hari ini.
"Semoga pencapaian hari ini bisa memberi motivasi kepada cabor lainnya," tukas dia.
 
Sekilas Mengenal Cabor Kurash
 
Olahraga Kurash menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat ke-14.
 
Olahraga Kurash menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat ke-14 tahun 2022, dan Kabupaten SUBANG dipercaya menjadi tuan rumah pertandingan Kurash.
 
Olahraga beladiri asal Uzbekistan di wilayah Asia Tengah ini berfokus pada teknik bantingan, serupa olah raga Judo atau Gulat. Kata Kurash sendiri memiliki arti mencapai tujuan.
 
Olahraga Kurash Indonesia bernaung di Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) yang saat ini di bawah pimpinan Ketua Pengurus Besar Ferkushi -Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin untuk periode 2019-2023.
 
Kurash mulai masuk ke Indonesia sejak 2011 silam. Kurash di Indonesia mulai dikenal luas sejak dipertandingkan -sebagai salah satu cabang olah raga bela diri- di Asean Games Jakarta-Palembang tahun 2018. (adv/mhs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: