Anggota DPRD Jabar Ini Beber Keunikan Masjid Raya Al Jabbar, Apa Saja?

Anggota DPRD Jabar Ini Beber Keunikan Masjid Raya Al Jabbar, Apa Saja?

Anggota DPRD Jawa Barat Hasbullah Rahmad (kedua dari kiri) pada peresmian Masjid Raya Al Jabbar di Kota Bandung, Jumat (30/12/2022). Foto: Dok Hasbullah Rahmad/HO-Karawangbekasi.disway.id/Makmun Hidayat--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID  -- Keberadaan Masjid Raya Al Jabbar nan megah dan unik yang baru diresmikan pada Jumat (30/12) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, bukan saja sebagai tempat ibadah tetapi juga menjadi ikon baru dan bisa menjadi destinasi wisata religi.

Anggota DPRD Jawa Barat dari Komisi IV Hasbullah Rahmad yang turut hadir dalam peresmian Masjid Raya Al Jabbar mengatakan, di masjid tersebut terdapat museum sejarah Islam sejak zaman Nabi Muhammad saw. 

“Di situ tidak hanya masjid untuk beribadah. Tapi di bawahnya ada museum, ada banyak tempat untuk kita belajarlah. Selain beribadah, juga belajar sejarah Islam,” kata pria yang akrab disapa Bang Has saat dihubungi Karawangbekasi.disway.id , Jumat malam (30/12/2022).

BACA JUGA: Masjid Raya Al Jabbar Di Gedebage Bandung, Ramah Disabilitas

Lebih lanjut Bang Has yang juga Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Jawa Barat ini menjelaskan, di lantai bawah masjid itu ada sejarah perjuangan Islam mulai dari zaman Rasul.

Oleh karena itu, menurutnya Masjid Raya Al Jabbar penting menjadi destinasi bagi para siswa. Selain beribadah di masjid nan luas tersebut, tentunya juga mendapatkan ilmu pengetahuan.

BACA JUGA: Agar Berkah Bacalah Doa Tahun Baru 2023, Sebelum dan Sesudah Pergantian

Dia menambahkan, masyarakat umum dari berbagai daerah pun juga bisa mengunjungi museum sejarah Islam di Masjid Raya Al Jabbar yang berada di Gedebage, Kota Bandung ini.

“Dengan adanya masjid ini, juga bisa menjadi destinasi wisata religi, Orang tahunya Jawa Barat kan Gedung Sate, tapi sekarang nambah lagi satu, Masjid Raya Al Jabbar karena memang layak banget dikunjungi oleh orang dalam konteks wisata religi,” imbuhnya.

Sebagai Anggota Dewan, Bang Has juga ikut berbangga atas adanya Masjid Raya Al Jabbar. Pihaknya mengaku ikut menganggarkan dan mendukung program pembangunan masjid itu sejak zaman Gubernur Ahmad Heryawan hingga Gubernur Ridwan Kamil. 

BACA JUGA: Mulai Sabtu 31 Desember Jalur Puncak Bogor Ditutup, Ini Jalur Alternatif Menuju Cianjur dan Bandung

Menurut Bang Has, Masjid Raya Al Jabbar ini sebenarnya satu simbol representasi bahwa umaro atau pemerintah juga peduli terhadap sarana peribadatan. 

Di masjid yang asetnya murni dari Ridwan Kamil itu, demikian lanjut Bang Has, di dalamnya ada 27 relung pintu yang menggambarkan atau mencerminkan 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat.

BACA JUGA: Catatan Akhir Tahun, Kinerja Bapenda Kota Bekasi Dongkrak Potensi PAD Dianggap Melempem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: