Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Yakini Dongkrak Perekonomian Dan Pariwisata

Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Yakini Dongkrak Perekonomian Dan Pariwisata

Penampakan rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang telah tiba di Depo Tegalluar.(Foto:Dok. KCIC)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID -  PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yakin Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal mendongkrak perkonomian dan sektor pariwisata Indonesia.

Hal ini diungkapkan General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry lantaran berkaca pada dampak kehadiran kereta cepat di China yang sudah melayani lebih dari 10 miliar penumpang.

 Data dari biro pariwisata Tongcheng menyampaikan, terjadi peningkatan 80 persen volume pemesanan paket tur kereta cepat di bulan Juni 2022. Peningkatan ini didorong oleh penawaran promo paket wisata dan dukungan pemerintah setempat.

BACA JUGA:Naas Keysha Sempat di Setubuhi Pelaku di Apartemen Temapt Penyekapan

Selain meningkatkan pariwisata, kereta cepat di China juga berdampak pada peningkatan perekonomian di wilayah yang dilalui kereta cepat. Pasalnya, moda transportasi ini memberikan waktu tempuh lebih singkat yang dapat berpengaruh pada mobilitas masyarakat.

Berdasarkan data statistik dari China’s Highspeed Railway Study Report, terdapat peningkatan sebanyak 14 persen untuk pertukaran ekonomi di kota Beijing dan Guangzhou setelah terhubung dengan kereta cepat.

BACA JUGA:WHO Cabut Darurat Covid-19, Dinkes Jabar: Masyarakat Harus Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Kesuksesan tersebut, kata dia akan dirasakan juga oleh masyarakat Indonesia jika KCJB sudah beroperasi. Pasalnya, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan mengadopsi sisi teknologi dan pelayanan yang telah diterapkan kereta cepat di China  "Pengoperasian KCJB akan berkaca kepada kesuksesan pengoperasian Kereta Api Cepat di Negara Maju lainnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (9/5/2023).

Selain itu, kecepatan dan kenyamanan yang ditawarkan KCJB akan menjadi nilai tambah bagi para wisatawan yang ingin bepergian dengan aman, cepat, dan nyaman.

Dengan waktu tempuh 30-40 menit saja warga Jakarta bisa ke Bandung dan sebaliknya dengan menggunakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Artinya penumpang bisa menghemat waktu untuk liburan, mengunjungi tempat-tempat wisata, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Banjir di Dayeuhkolot Kota Bandung Telan Korban Jiwa, Pemuda Tewas Tersengat Listrik

"Kami melihat bahwa Kereta Api Cepat akan menjadi masa depan transportasi di Indonesia. Tiongkok sudah berhasil membuktikan itu, dan sekarang saatnya Indonesia untuk membuktikannya," ucapnya.***

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: