Pengangguran di Jawa Barat Masih Tinggi, Job Fair Diserbu Pencari Kerja

Pengangguran di Jawa Barat Masih Tinggi, Job Fair Diserbu Pencari Kerja

Sejumlah masyatakat yang mendaftar pekerjaan di Job Fair di halaman Kampus ARS University.(Foto: Okky firmansyah/diswayjabar)--

KARAWANGBEKASIDISWAY.ID- Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Jawa Barat masih tergolong tinggi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat TPT Jawa Barat pada Februari 2023 ada di angka 7,89 persen.Angka itu menempatkan Jawa Barat di urutan kedua se Indonesia terkait TPT. Posisinya setelah Banten dengan TPT 7.97 persen.

Kondisi itu tentunya membuat masyarakat berbondong – bondong memburu lowongan pekerjaan yang tersedia. Salah satunya di Job Fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat, Kamis (26/5).

Hari ketiga pelaksanaan Job Fair di halaman kampus ARS University itu juga nampak ramai dikunjungi masyarakat. Diana dan Sari salah satunya. Mereka sengaja berangkat pagi dari Cileunyi untuk ke bursa kerja itu. “Janjian berangkat pukul 06.00, mau cari kerja sesuai jurusan multimedia,” kata Diana.

BACA JUGA:Ineu Purwadewi Sundari Dukung Penanganan ODGJ dengan Penyediaan Panti Gratis

Perempuan yang juga baru lulus dari SMK itu menambahkan, adanya Job Fair itu tentu cukup membantu para pencari kerja. “Kami termasuk baru lulus, tadi langsung mendaftar 5 lowongan,” imbuhnya.

Susan, salah satu penjaga stand loker di lokasi itu menambahkan, pencari kerja yang mendaftar di perusahaan perbankan miliknya itu masih didominasi fresh graduates. “Kebanyakan baru lulus kuliah atau lulusan SMA SMK. Hari pertama kami ada 75 pendaftar,” terangnya.

Sementara itu, Dede A Hamid, panitia pelaksana kegiatan dari Disnakertrans menambahkan, sedikitnya ada 2000 lowongan pekerjaan yang dibuka dalam Job Fair tersebut. “Ini ada dalam negeri dan luar negeri,” jelasnya.

BACA JUGA:Perawatan Aquarium di DPRD Jabar Rp 446 Juta Jadi Pertanyaan Warganet

Dede menambahkan, untuk perusahaan yang bergabung dalam Job Fair itu ada 35 perusahaan. Mereka adalah berusahaan se Bandung Raya.

Ada beragam pekerjaan yang bisa dicoba masyarakat dalam Job Fair itu. Mulai dari bidang manufaktur, ritel, perbankan, hingga kesehatan. Kegiatan Job Fair ini juga perdana setelah lama absen karena pandemi Covid 19.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: