Cara Mengatasi Anak Demam Setelah Imunisasi, Newborn Mom Harus Tahu!

Cara Mengatasi Anak Demam Setelah Imunisasi, Newborn Mom Harus Tahu!

Cara Mengatasi Anak Demam Setelah Imunisasi-Pixabay: Victoria_Regen-

Bayi mengalami demam setelah imunisasi merupakan hal yang wajar terjadi. Kondisi ini tentu membuat Ibu apalagi newborn mom khawatir.  Untuk Ibu perlu tahu cara mengatasi anak demam setelah imunisasi.

Perlu Ibu ketahui, demam pada bayi setelah melakukan imunisasi tidak berbahaya. Ini merupakan bentuk respons tubuh si Kecil dalam membentuk kekebalan baru gabungan dari vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh. Jadi, jika si Kecil demam setelah imuniasi, Ibu tak perlu panik.

Imunisasi dasar ada 5 jenis yaitu imunisasi hepatitis B, imunisasi polio, imunisasi BCG, imunisasi DPT, dan imunisasi campak. Namun dari kelima jenis imuniasi tersebut, hanya imunisasi DPT dan campak yang mungkin bisa memberikan respons tubuh berupa demam setelahnya.

BACA JUGA:Masih Kecil Tapi Sudah Pakai Kacamata, Bunda dan Ayah Wajib Banget Turunkan Minus Anak Dengan Begini

Tidak hanya demam, namun imunisasi juga terkadang menimbulkan reaksi seperti nyeri, kemerahan, dan bengkak di area suntikan. Apabila Ibu mendapati si Kecil demam, periksalah suhu tubuhnya setiap 4 jam.

Cara Mengatasi Demam pada Anak Setelah Imunisasi

Melepaskan pakaian

Apabila suhu tubuh anak setelah imunisasi mencapai 37,4 derajat celcius, Ibu perlu untuk melepaskan pakaian yang anak kenakan. Jika tidak ingin melepaskannya, Ibu bisa kenakan pakaian tipis saja pada si Kecil.

Pastikan Ibu tidak membungkus tubuh anak dengan selimut dan jaga agar suhu ruangan tetap sejuk. Jangan lupa untuk berikan banyak minum agar anak tidak kekurangan cairan.

Berikan obat demam

Apabila si Kecil mengalami demam dengan suhu lebih dari 38 derajat celcius, lakukan perawatan seperti pada demam sebelumnya dan berikan obat-obatan. Obat-obatan yang diberikan bisa berupa acetaminophen atau ibuprofen dan berikan sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan.

Penanganan demam tinggi

Jika anak mengalami demam dengan suhu tinggi mencapai 39 derajat celcius, sebaiknya Ibu segera membawanya ke dokter. Meskipun jarang terjadi, namun kondisi ini perlu segera ditangani. Segeralah mencari bantuan medis apabila anak mengalami demam dengan suhu 39 derajat celcius selama lebih dari 48 jam. Gejala lainnya seperti lemah dan terlihat pucat, muncul hives atau bintik-bintik merah, hingga kejang.

BACA JUGA:Bening dan Menawan Seperi Leher Angsa, Begini Cara Hilangkan Kotoran Bandel Dengan Mudah di Leher

Kondisi Demam yang Harus Diwaspadai

Terdapat beberapa kondisi jika demam yang terjadi setelah imunisasi memerlukan penanganan yang tepat dari dokter. Berikut adalah tanda-tanda yang perlu diwaspadai pada bayi demam setelah imunisasi:

  • Bayi di bawah usia 3 bulan
  • Demam dengan suhu badan lebih dari 40°C
  • Demam berlangsung lebih dari 3 hari
  • Bayi memiliki riwayat kejang demam sebelumnya
  • Bayi mengalami perubahan perilaku, misalnya jadi sering mengantuk dan tidak mau menyusu.

Itulah beberapa cara mengatasi demam pada bayi pasca imunisasi yang perlu ibu ketahui. Semoga membantu!**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: