Dua Alternatif Bagi Siswa yang Tak Diterima di Sekolah Negeri

Dua Alternatif Bagi Siswa yang Tak Diterima di Sekolah Negeri

Ilustrasi Siswa/Siswi SMA. (Foto: Dsiway.id)--

Jabar, Disway.id- Dinas Pendidikan Jawa Barat bakal mempersiapkan sejumlah alternatif bagi para calon siswa yang tak diterima di sekolah negeri ketika PPDB 2023/2024.

Sekretaris Disdik Jabar, Yesa Sarwendi mengatakan bahwa dua alternatif disiapkan Disdik Jabar untuk para calon siswa yang tak diterima atau tak lolos di sekolah negeri.

"Alternatif pertama di swasta. Tapi, kami berharap siswa masih bisa ditampung di sekolah swasta karena swasta itu masih banyak. Saat ini jumlah sekolah swasta di Jabar ada 4000 dan negeri ada 851 sekolah," ujarnya, Selasa (11/7/23) saat dihubungi.

BACA JUGA:PPDB Tahap 1 dan 2 Berlangsung Objektif, Transparan dan Akuntabel

Apabila para calon siswa yang mendaftar ke sekolah negeri tak diterima, Yesa menegaskan swasta (sekolah) menjadi salahsatu alternatifnya.

"Asumsi kami jika seandainya sekolah semuanya di negeri atau di swasta bangkunya terisi, maka itu sebenarnya bisa tertampung semua siswa. Tapi, kan masalahnya masyarakat masih melihat di negeri atau sekolah tertentu," katanya.

Alternatif lainnya, lanjut Yesa, ialah pihaknya telah menyediakan program sekolah terbuka yang rencananya bakal bergulir pada Agustus 2023.

BACA JUGA:Pendaftar di PPDB Tahap Kedua Mencapai 200 Ribu Peserta

Dia berharap bisa menampung bagi para calon siswa yang berada di wilayah terpencil dan ekonomi minim.

"Sekolah terbuka itu bukan berarti orang masuk sekolah terbuka, tapi sekolah terbuka itu sebenarnya untuk masyarakat daerah-daerah tertentu semisal lokasinya jauh dan ekonomi kurang. Tapi, kami harapkan dahulu di swasta dahulu tertampung," ujarnya.(ADV)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: