DPMD Maksimalkan Peran Pendamping Desa

DPMD Maksimalkan Peran Pendamping Desa

PENINGKATAN SDM: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi melaksanakan Rapat Koordinasi Pendamping Desa se-Kabupaten Bekasi di Cikarang Selatan, Selasa (26/7).-JAMIL/KARAWANG BEKASI EKSPRES-

KABUPATEN BEKASI– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi melaksanakan Rapat Koordinasi Pendamping Desa se-Kabupaten Bekasi di Cikarang Selatan, Selasa (26/7). Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur maupun Sumber daya manusia (SDM) desa di wilayah Kabupaten Bekasi.

 

Peran Pendamping Desa dinilai sangat penting dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur maupun Sumber daya manusia (SDM) desa di wilayah Kabupaten Bekasi. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi Rahmat Atong usai membuka kegiatan

 

Kepala DPMD Kabupaten Bekasi Rahmat Atong mengatakan, tugas pendamping desa adalah dapat memberdayakan masyarakat desa, dengan memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Selain ilmu pengetahuan, pendamping desa harus mampu melakukan pendekatan dengan masyarakat agar visi dan misi yang dijalankan dapat diterima dan mampu merubah pola pikir masyarakat tentang pembangunan desa yang nantinya akan dibawa.      

 

"Pendamping desa kita tahu bahwa benar-benar diterjunkan dari kementerian kemudian melalui provinsi termasuk langsung kabupaten sampai ke kecamatan dan desa. Mereka mendampingi desa dalam menggunakan anggaran, perencanaan maupun dari sisi pelaksanaannya," katanya.

 

Melalui momentum rakor ini, Ia mengajak seluruh tenaga pendamping profesional serta peserta lintas OPD di lingkungan pemerintah kabupaten bekasi untuk terus berkarya semaksimal mungkin dalam meningkatkan kinerja dan peran serta dalam mendukung dan melengkapi pelaksanaan pembangunan di desa.

 

"Saya juga menghimbau kepada para pendamping desa dalam melaksanakan tugasnya di lapangan dapat bersinergi dan saling mendukung dengan program-program pemerintah daerah yang mempunyai tujuan yang sama," terangnya.

 

Dirinya menambahkan rakor ini juga dapat menganalisa dan mengevaluasi program yang telah berlangsung serta berkoordinasi dalam perumusan langkah pemecahan masalah yang menjadi hambatan pada pelaksanaan tugas-tugas di lapangan. " Saya percaya kita mempunyai komitmen yang kuat bersama tenaga pendamping desa untuk membangun desa demi kesejahteraan masyarakat desa," pungkasnya. (mil/wyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: