Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga Dibuang Melalui Saluran Warga

Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga Dibuang Melalui Saluran Warga

suasana Pabrik pengolahan Bakso di Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi yang limbahnya langsung dibuang melalui saluran ke Sungai Cikeas-foto Amin-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Terungkap bahwa saluran limbah pembuangan limbah Pabrik Bakso milik CV Warisan di RT/RW 02/03, Kelurahan Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi ternyata menggunakan saluran pembuangan warga setempat.

"Saluran limbah yang langsung ke Sungai Cikeas itu saluran milik warga untuk limbah rumah tangga sebenarnya, tapi dipakai juga untuk buang limbah Pabrik Bakso,"ungkap Nasir Ketua RW 03, Jatirangga, kepada KBE 1 Agustus 2023.

Namun demikian dia mengatakan bahwa limbah pabrik Bakso yang ada di lingkungannya itu memiliki dua sumur endapan untuk pengolahan. Dia pun memastikan bahwa saluran yang langsung menjorok ke Sungai Cikeas itu sudah ada sebelum pabrik pengolahan bakso itu ada.

BACA JUGA:Sidak Pabrik Bakso di Jatirangga, Tim DLH Kota Bekasi Hanya Bertemu Keamanan

Menurutnya sedikit membela bahwa limbah pabrik bakso yang dialirkan ke saluran pipa milik warga yang langsung ke Sungai Cikeas melintasi CBD adalah limbah yang sudah bening.

"Sebenarnya di lingkungan setempat ada dua pabrik bakso. Tapi satunya kurang aktif dan tidak membuang limbah di saluran milik warga, melainkan punya sendiri,"tukasnya.

BACA JUGA:Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga keluarkan Aroma Menyengat, Dijaga Lima Pos Keamanan

Dikonfirmasi terkait izin, Ketua RW 03 Nasir, mengatakan bahwa sepengetahuannya bahwa dulu pabrik bakso tersebut tempat olahan Cireng skala rumah tangga yang pekerjanya hanya beberapa orang saja.

Begitu pun saat diganti pabrik bakso awalnya kecil, tapi terus berkembang hingga jadi skala besar seperti sekarang.

BACA JUGA:TPS Liar di Jatirangga Ditutup, Saluran Limbah Pabrik Bakso di Sungai Cikeas Belum Tersentuh

Saat ditanya terkait bau menyengat saat melintasi saluran pipa limbah di jalan raya CBD, Ketua RW Nasir berkilah bahwa aroma itu kemungkinan dari bau sampah kardus dan plastik yang berada di sekitar pabrik bakso.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: