Sidak Pabrik Bakso di Jatirangga, Tim DLH Kota Bekasi Hanya Bertemu Keamanan

Sidak Pabrik Bakso di Jatirangga, Tim DLH Kota Bekasi Hanya Bertemu Keamanan

Tim DLH Kota Bekasi saat melakukan Sidak di Pabrik Bakso milik CV Warisan di Jatirangga, tim hanya bertemu pihak keamaan pabrik bakso, Selasa 1 Agustus 2023-foto Amin-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke CV Warisan Matahari Makmur atau Pabrik Bakso di Jatirangga, Jatisampurna, pada Selasa 1 Agustus 2023.

Tim dari Bidang Penanganan Limbah B3 DLH Kota Bekasi hadir ke lokasi pabrik bakso untuk memastikan proses pengelolaan limbah di lingkungan RT/RW 02/03 Jatirangga atas laporan langsung dari pihak UPTD LH Jatisampurna terkait pemberitaan media dan temuan pegiat lingkungan.

Namun ironisnya, tim DLH Kota Bekasi yang hadir didampingi pihak UPTD LH Jatisampurna dan Kelurahan Jatirangga itu hanya ditemui pihak keamanan di pos jaga 3. Pihak keamanan beralasan bahwa bos CV Warisan sedang berada di luar negeri.

BACA JUGA:Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga keluarkan Aroma Menyengat, Dijaga Lima Pos Keamanan

Begitu pun saat pihak DLH berniat untuk melihat proses pengolahan limbah yang jadi sorotan atau bertemua dengan pihak manajemen CV Warisan. Oleh pihak keamanan tidak diperkenankan dengan alasan harus izin bos.

"Sidak ini memang belum ada pemberitahuan sebelumnya ke pabrik. Karena ini berdasarkan laporan dari UPTD LH Jatisampurna, "ungkap Yono dari Bidang Penanganan Limbah B3 Dinas LH Kota Bekasi kepada KBE usai sidak.

BACA JUGA:Keberadaan Gunungan Sampah dan Limbah Pabrik Bakso di Badan Sungai Cikeas Sengaja Dibiarkan?

Yono pun mengakui bahwa sidak yang dilaksanakan ke Lokasi Pabrik Bakso tersebut belum ada hasilnya terkait penanganan limbah. Karena pihak perusahaan pengolahan belum ada yang bisa ditemui.

Namun demikian jelasnya, DLH Kota Bekasi akan mencari waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan langsung terkait proses pengolahan limbah untuk memastikan sesuai prosedur atau belum.

BACA JUGA:Kadis LH Akui Belum Tahu Soal Saluran Limbah Pabrik Bakso dan TPS Liar di DAS Cikeas Jatirangga

Sementara itu Kepala UPTD LH Kota Bekasi Imas, mengakui bahwa kehadiran tim Dinas LH Kota Bekasi atas permintaannya karena selama ini ada laporan dan pemberitaan.

"Sebenarnya saya minta Gakkum LH Kota Bekasi turun. Tapi sepertinya, belum bisa karena jadwal di Dinas masih padat,"ujar Imas memastikan Gakkum LH masih mencari waktu untuk turun ke Pabrik Bakso di Jatirangga.

BACA JUGA:TPS Liar di Jatirangga Ditutup, Saluran Limbah Pabrik Bakso di Sungai Cikeas Belum Tersentuh

Menururnya UPTD LH tidak memiliki kewenangan terkait penindakan. Kewenangan UPTD LH Jatisampurna hanya sebatas pada pengolahan sampah dan edukasi.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: