Gakkum LH Belum Laporkan Hasil Sidak Terkait Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga

Gakkum LH Belum Laporkan Hasil Sidak Terkait Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga

Penampakan pipa saluran pembuangan limbah Pabrik Bakso di Jatirangga, Jatisampurna, langsung dibuang ke Sungai Cikeas foto diambil saat gabungan pencinta lingkung melakukan susur sungai, pada 23 Juli 2023-foto amin-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi Yudianto, mengakui bahwa belum menerima laporan hasil inspeksi mendadak (Sidak) Bidang Penegakan Hukum (Gakkum) ke lokasi pabrik bakso di Kelurahan Jatirangga, Jatisampurna.

"Benar bahwa Gakkum telah melakukan Sidak ke Pabrik Bakso di Kelurahan Jatirangga, Jatisampurna, terkait laporan masyarakat adanya limbah yang langsung dibuang ke Kali Cikeas. Tapi saya belum ada laporan terkait hasilnya,"ungkap Yudianto kepada KBE, pada Sabtu (12/8/2023).

Dikatakan bahwa Sidak Gakkum melakukan pengambilan sampling meliputi baku mutu air, pengelolaan Ipal dan lainnya di areal pabrik bakso yang saat ini menjadi sorotan tersebut.

BACA JUGA:INNALILLAHI... Pelajar SMP Rengasdengklok Tewas Setelah Terlibat Tawuran

Menurutnya belum adanya laporan secara utuh terkait hasil Sidak yang telah dilaksanakan Gakkum LH, tersebut kemungkinan karena masih dilakukan uji-uji terkait sampel yang diambil dari lokasi tersebut.

"Karena kan tentu harus dilakukan uji-uji  terkait kualitas seperti baku mutu air yang ada di sana, dan lainnya sesuai hasil sidak yang telah dilaksanakan,"tegas Yudi.

BACA JUGA:Liput Sidak DLH Kota Bekasi, Wartawan Dihalangi Petugas Keamanan Pabrik Bakso di Jatirangga

Namun demikian dia memastikan terkait kekhawatiran rekan dari pegiat lingkungan akan adanya pipa pembuangan limbah yang langsung menjorok ke Kali Cikeas karena mengganggu keindahan Kali Cikeas jika lokasi itu dijadikan wisata air, tentunya akan ada tindakan tegas.

"Jika Kali Cikeas jadi wisata air seperti rafting, dan saluran pembuangan limbah Pabrik Bakso itu mengganggu tentu akan dikoordinasikan dengan meminta mereka menutup dengan cara menurap dan lainnya, agar tidak mengganggu,"paparnya.

BACA JUGA:Terkait Limbah Pabrik Bakso di Sungai Cikeas, Adam Hawa Siliwangi Pemerintah Jangan Takut dengan Pengusaha

Dikonfirmasi jika terbukti limbah yang dibuang langsung ke Cikeas oleh Pabrik Bakso di Jatirangga membahayakan tentu akan ada sanksi. Tapi sanksi itu juga nanti dilihat posisinya seperti apa.

"Sementara ini saya belum mendapat laporan secara utuh terkait hasil sidak yang dilakukan Gakkum LH beberapa waktu lalu di Pabrik Bakso itu sendiri,"tegasnya kembali mengakhiri.

BACA JUGA:Limbah Pabrik Bakso di Jatirangga keluarkan Aroma Menyengat, Dijaga Lima Pos Keamanan

Diketahui sebelumnya bahwa saluran limbah yang dibuat langsung menuju ke Kali Cikeas tersebut selama ini bercampur dengan limbah warga. Saluran itu sendiri dikatakan bahwa sudah ada sebelum adanya pabrik bakso itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: