Aksi Teatrikal Semarakkan Peringatan HUT ke-78 RI di Alun-alun Kota Bekasi

Aksi Teatrikal Semarakkan Peringatan HUT ke-78 RI di Alun-alun Kota Bekasi

Aksi teatrikal oleh ASN di Kota Bekasi semarakkan peringatan HUT ke-78 RI di alun-alun Hasibuan, Kota Bekasi, Kamis 17 Agustus 2023--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Perayaan HUT ke-78 RI oleh Pemkot Bekasi diisi dengan aksi  teatrikal aparatur,di Alun-Alun Hasibuan, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis 17 Agustus 2023.

Teatrikal ini menceritakan perjalanan kemerdekaan RI selepas dibubarkannya Badan Penyelidikan Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPPUPKI), keadaan Jepang semakin krisis hingga aksi penculikan Soekarno dan Hatta oleh sekelompok pemuda dibawa ke Rengasdengklok.

"Alhamdulillah, para peran dimainkan dengan baik oleh rekan-rekan," kata Ahmad Apandi pemeran Proklamator RI Soekarno usai teatrikal bertema "Prahara Jelang Proklamasi RI, Kamis (17/8/2023).

BACA JUGA:Ribuan Warga Binaan Lapas Cikarang Terima Remisi Kemerdekaan RI

Lurah Jatirangga ini menceritakan peristiwa pada 6 Agustus 1945 di mana keadaan Jepang semakin kritis, karena Kota Hirosima di bom atom oleh Amerika Serikat.

"Bom Atom Hirosima itu merupakan awal progres perjuangan anak-anak muda," ujarnya.

Lanjut Apandi, teatrikal ini juga mengambil peristiwa penculikan Soekarno-Hatta ke oleh pemuda ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Singkatnya, melihat keadaan dan situasi yang panas, Soekarno tidak memiliki pilihan lain kecuali mengikuti kehendak para pemuda.

BACA JUGA:12 Nama Jalan di Kota Bekasi Diganti Nama Tokoh Daerah, Bentuk Penghormatan

"Sampai paginya kita melaksanakan Proklamasi Kemerdekaan di Pegangsaan Timur, Jakarta," imbuhnya.

Apandi berharap di hari kemerdekaan RI ini agar masyarakat dapat mengisi kemerdekaan melalui kegiatan-kegiatan positif.

"Bagaimana kemerdekaan itu tidak terhenti karena kita sudah merdeka, tapi kita juga perlu mempertahankan kemerdekaan itu melalui kegiatan-kegiayan yang posotif," pungkasnya.

BACA JUGA:Momen Gubernur Ridwan Kamil Jadi Inspektur Upacara HUT RI Terakhir Kali

Teatrikal kemerdekaan RI ke 78 ini melibatkan unsur perangkat daerah mulai dari kepala sekolah, Dishub, Satpol PP dan sejumlah aparatur Pemkot Bekasi.

Adapun para peran berlatih selama empat hari secara efektif.  Pemkot Bekasi Tampilkan Teater Sejarah Perjuangan Proklamasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: